Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HONOR UN DIBAYAR PER MATA PELAJARAN

Selasa, 10 April 2012 Pendidikan
TEMANGGUNG, Pelaksanaan  Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA di Kabupaten Temanggung  mengalami kekurangan  anggaran Rp.119 juta. Hal itu lantaran  honor untuk membayar pengawas dibayar setiap mata pelajaran. Sebelumnya dihitung dan dibayar  perhari.
     Kepala Dinas Pendidikan  Edy Winarso, dikantornya Rabu (4/3). Menjelaskan, akibat perubahan sistem penganggaran untuk honor pengawas tersebut  membuat jumlah anggaran membengkak. Karenanya, pihaknya meminta tambahan anggaran ke APBD II. Diutarakan,  besaran honor pengawas UN SMP dan SMA adalah Rp.50.000 per mata pelajaran. Setelah dihitung, ternyata ada pembengkakan sebesar Rp.148 juta dibanding sistem sebelumnya yag berdasarkan honor harian. Namun pihaknya berupaya menekan biaya, sehingga kekurangan untuk pembayaran honor pengawas itu hanya sekitar Rp119 juta.
     “Untuk menutupi kekurangan tersebut, kami sudah  mengajukan tambahan anggaran ke APBD sebesar Rp.119 juta. Namun hingga saat ini permintaan itu belum direspon Pemkab Temanggung. Sampai saat ini  masih menunggu persetujuan bupati atas penambahan anggaran untuk honor pengawas itu” Ujarnya.  Disebutkan, besarnya anggaran untuk UN SMP dan SMA secara keseluruhan tahun ini mencapai Rp.681 juta. Sumber dana dari APBN sejumlah Rp.342 juta dan dari APBD sejumlah Rp.388 juta. Dana tersebut, di antaranya dialokasikan untuk subsidi peserta UN sebesar Rp.9.500 per siswa. Sebagian lainnya dialokasikan untuk pembayaran honor pengawas.(Hms12/Edy Laks).

Berita Terkait