Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

EVALUASI DAN SOSIALISASI KEGIATAN RBM

Selasa, 01 Mei 2012 Pendidikan
TEMANGGUNG, Bertempat di Pendopo Pengayoman Senin (30/1) dilaksanakan workshop evaluasi Ruang Belajar Masyarakat (RBM) tahun 2011, Sosialisasi Rencana Kegiatan RBM Tahun 2012 serta Semiloka “Keberlanjutan Program PNPM MP Pasca 2014.
     RBM merupakan suatu kultur atau perilaku yang terorganisisr, terstruktur dan sistematis serta terbentuk dari hasil pengkondisian ruang bersama yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat melalui kegiatan belajar bersama bertujuan untuk menigkatkan dan mengembangkan kapasitas perilaku.
     Bidang-bidang Ruang Belajar Masyarakat meliputi bidang pengawasan, advokasi hukum, media dan informasi, pengembangan usaha dan pemasaran, seni dan budaya,  dan RBM award.
     Subagiyono, Ketua RBM Kabupaten Temanggung, mengatakan tujuan pengembangan ruang belajar masyarakat adalah agar terbentuk sistem yang memungkinkan terjadinya keberlanjutan proses belajar kolektif masyarakat dan tersedianya sarana dan prasarana pendukung guna menunjang kebutuhan peningkatan kapasitas masyarakat.
     Sambutan Bupati Temanggung yang dibacakan Asisten Pemerintahan Drs. Harno Susanto, Msi menyampaikan bahwa RBm dibentu untuk memberikan manfaat langsung yaitu terbentuknya kesadaran, kapasitas dan kolektif utnuk memperjuangkan kepentingan sasaran pemanfaat seperti kelompok masyarakt miskin (RTM), usaha keci, mikro, dan kelompok sosial lainnya.
     “Kepada Kepala Bapermades, untuk selalu mendampingi dan mengawal secara menyeluruh mengingat Pokja RBM adalah Program baru yang perlu perbaikan dan masukan sehingga proses pembelajaran dapat sesuai dengan ayang diharapkan ditahun ini dan menjadi program yang memberikan manfaat lebih bagi para pelaku PNPM mandiri Pedesaan” tambahnya. (HMS12/MmiDjan/pakDhe)

Berita Terkait