Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEMENAG BUKA PENDAFTARAN HAJI 2021

Senin, 07 Mei 2012 Keagamaan
TEMANGGUNG, Kementrian Agama Kabupaten Temanggung saat ini sudah membuka pendaftaran haji untuk pemberangkatan tahun 2021. Selain melengkapi persyaratan administrasi, para calon haji ditentukan membayar setoran awal biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH) 25 juta rupiah.
     Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temangging, M Tobiq, di ruang kerjanya, kemarin mengatakan, masa pendaftaran dilayan setiap hari kerja . Meski  masa tunggu pemberangkatan haji  harus ngantri 9 tahun, namun ada sejumlah pendaftar yang mengundurkan diri dengan berbagai sebab. Berdasarkan catatan selama jangka waktu bulan Januari hingga awal Mei ini, telah ada 20 warga di Kabupaten Temanggung yang membatalkan keberangkatan hajinya untuk tahun pemberangkatan 2012 hingga 2021.
     Diuatarakan, terdapat sejumlah penyebab sehingga calon jemaah bersangkutan atau keluarganya membatalkan keberangkatan hajinya. Yakni, karena meninggal dunia, mengalami sakit keras, persoalan ekonomi serta karena sesuatu hal yang sifatnya pribadi. Surat pengunduran diri para pendaftar itu lalu disampaikan ke Kanwil Kemenag Jateng dan diteruskan ke Pusat. Selanjutnya, Kemenag Pusat yang menguruskan administrasi pengembalian uang setoran awal BPIH 25 juta rupiah, kepada yang mengundurkan diri itu. Oleh Pusat uang tersebut dikembalikan dengan dikirimkan langsung ke rekening yang bersangkutan, diterimakan utuh tanpa potongan.(Hms12/ Edy Laks)

Berita Terkait