Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DIGUYUR HUJAN, TEMBAKAU MATI

Senin, 07 Mei 2012 Umum
TEMANGGUNG, Akibat hujan deras mengguyur beberapa hari terakhir menyebabkan tanaman tembakau di Ngadirejo mati. Petani terpaksa mengganti tanaman yang mati dengan benih baru.
     Sariyadi 50, petani di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo menuturkan dalam beberapa hari terakhir ini masih sering turun hujan, akibatnya tanaman tembakau yang baru saj ditanam tidak kuat hingga mati busuk.  Dia mengaku sudah lima kali mengganti tanaman tembakaunya dengan yang baru. Setiap tahun, setiap kali musim tanam tembakau, ia mengaku selalu mengalami harus menanjangi tanaman berkali-kali. Namun untuk tahun ini terbilang lebih parah.Tahun-tahun sebelumnya, ia hanya mengganti 12 ribu batang tanamannya dua hingga tiga kali. Sedangkan tahun ini ia menggantinya sampai lima kali.
     Kaswanto petani lain menyebutkan, pada di awal masa tanam mestinya tidak  banyak hujan  agar pertumbuhannya bagus  tidak mati. Pada umumnya  jika  terlalu  banyak kena hujan , tanaman tidak kuat  yang akhirnya mati. Oleh kaena itu berharap hujan mereda agar tanaman bisa tumbuh dengan baik  sampai masa panen nanti. Ia mengaku menanam 25 ribu batang tanaman tembakau. Untuk keperluan itu ia mesti meminjam 10 juta rupiah sebagai modal tanam. Karena harus lima kali mengganti tanaman yang mati akibat hujan, ia harus menambah pinjaman untuk modal tanam. (Hms12/ Edy Laks)

Berita Terkait