Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI MINTA KEUANGAN PNPM DIKELOLA DENGAN TERTIB

Rabu, 09 Mei 2012 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Hasyim Afandi  minta kegiatan dan keuangan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri Perdesaan dikelola dengan baik dan tertib supaya tidak terjadi kesalahan  sehingga usaha yang dijalankan bisa maju dan berkembang. PNPM diharapkan  bisa meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri dan mampu memberdayakan potensi  ekonomi unggulan  di wilayah kerjanya.
    Permintaan itu disampaikan Bupati  pada acara pertemuan dengan kalangan pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri Perdesaan di Graha Bhumi Phala  Setda Kab Temanggung  Selasa  (8/5). Hadir dalam acara ejabat dari BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan), Kepala Bapermades dan pejabat terkait.
    “Saya minta program kegiatan PNPM dan administrasi keuangannya dikelola dengan baik  dan tertib sesuai ketentuan  yang berlaku. Segala transaksi keuangan mesti dipahami, dicatat  serapi-rapinya  tidak ada yang tercecer sehingga  jika diperiksa tidak ditemukan  penyimpangan yang bisa berimplikasi hukum“ pintanya.
    Dikemukakan pemanfaatan anggaran PNPM untuk pembangunan sarana dan parasarana fisik juga dianggap penting. Namun pemberdayaan ekonomi kerakyatan juga tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan prioritas anggaran. Hal ini perlu dilakukan mengingat warga miskin  di Temanggung masih tergolong tinggi sehingga memerlukan sentuhan anggaran untuk mengentaskan mereka dari kemiskinan.
    Dia mencontohkan,  di suatu desa mendapat anggaran untuk pengerasan jalan akses pertanian. Jalan tersebut setelah jadi, bisa memperlancar transportasi kegiatan pertanian, namun yang merasakan  manfaatnya  hanya petani yang memiliki lahan. Sedang mereka warga miskin tidak merasakan manfaatnya karena  hanya sebagai petani buruh  dan ketika berangkat kerja cukup jalan kaki. Oleh karena itu sudah selayaknya arah pembangunan lebih diprioritaskan sektor pemberdayaan ekonomi yang menyentuh langsung rumah tangga miskin agar kesejahteraannya terangkat.(Hms12/Edy Laks).

Berita Terkait