Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

260 CALON HAJI PRAKTIK MANASIK

Sabtu, 12 Mei 2012 Keagamaan
TEMANGGUNG, sebanyak 260 orang calon haji tahun 2012 baru-baru ini mengikuti praktik manasik haji dilapangan Maron Sidorejo. Mereka melakukan praktik dibawah lembaga bimbingan haji Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten Temanggung.
     Ketua bimbingan ibadah haji IPHI KH. Faizun  mejelaskan, praktik manasik bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan haji dilapangan, setelah sebelumnya para calon haji mendapat materi teori oleh para tutor. Praktik   diumpamakan sebagaimana di tanah suci yakni meliputi Arafah ke Musdalifah. Dutarakan lapangan Maron diumpamakan Musdalifah tempat para jamaah  berdoa kemudian mengambil batu kerikil untuk melempar jumarah di Mina. Sedang Mina diumpamakan Kantor IPHI di Kertosari  yang sudah dilengkapi symbol jumrah.
     Ia mengharapkan kepada para calon haji mengikuti pembinaan haji dengan serius dan bersungguh-sungguh. Hal itu supaya  para calon haji memilikii pengetahuan dan wawasan  yang cukup tentang tata cara beribadah haji, sehingga nantinya dalam beribadah haji berjalan lancar sesuai ketentuan dan menjadi haji mabrur. Selain itu karena ibadah haji merupakan ibadah fisik, ditekankan kepada calon haji agar menjaga kesehatan mulai sekarang.
     Sementara itu ditempat terpisah Kepala Kantor Kementrian  Agama kabupaten Temanggung Drs. H  Puji Chamdani menjelaskan, jumlah calon haji tahun 2012 ini sebanyak 879 orang terinci 442 pria dan 437 wanita. Mereka barasal dari berbagai Desa/kelurahan yang tersebar di 20 Kecamatan. 
     Para calon haji diberikan materi bimbingan meliputi pengertian dan motivasi berhaji, syarat rukun, wajib dan sunah haji maupun umrah. Disamping itu juga diberikan materi tentang adat istiadat budaya Arab, mengenal fasilitas-fasilitas umum dan praktek manasik serta dinamika kelompok. (Hms12/ Edy Laks )


Berita Terkait