Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI TINJAU RELOKASI BLAWONG

Senin, 14 Mei 2012 Bencana
TEMANGGUNG, Bupati Hasyim Afandi meninjau lahan relokasi Warga dusun Blawong Wetan Desa Muncar Kecamatan Gemawang Sabtu kemarin (12/5). Dalam acara tersebut Bupati didampingi Kabag pembangunan, pejabat  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan diterima camat Gemawang Adi Pitoko serta Kepala desa dan perangkat desa Muncar. 
     Bupati mengatakan kunjungan dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung di lapangan  tentang pelaksanaan relokasi berupa  penyiapan  lahan dan pembangunan rumah . Diutarakan lahan relokasi  menempati tanah bengkok desa  yang saat ini sebagain sudah selesai ditata dan dibangun rumah. Sedang sebagain lainnya tengah dilakukan perataan menggunakan alat berat begu. Untuk penyiapan lahan dibiayai APBD II dan untuk pembangunan rumah 114 unit  setiap keluarga dibantu Rp. 20 juta.  Secara umum ujarnya pembangunan relokasi berjalan  cukup baik dan diharapkan  secepatnya bisa dirampungkan untuk segera ditempati, sehingga warga merasa aman dan nyaman. sebagaimana diketahui  dusun Blawong Wetan bedasarkan hasil penelitian Badan Geologi Bandung dinyatakan   rawan longsor. Direkomendasikan  lahan tersebut tidak layak untuk hunian dan  sebaiknya warga direlokasi.
     Kepala desa Muncar Mugiran menjelaskan, relokasi terbagi menjadi  3 lokasi yang semuanya merupakan tanah bengkok desa. Untuk lokasi 1 saat ini tengah dilakukan perataan. Sedang Lokasi 2 dan 3 sudah  selesai diratakan dan dibangun rumah  masing-masing  25 unit dan 35 unit. Pembangunan rumah dilakukan secara gotong royong oleh warga. setiap rumah berukuran 6 X 6 meter dengan konstruksi tembok  batu bata, kerangka kayu dan atap asbes serta lantai floor semen. Setiap rumah yang dibangun baru mencapai 60 persen, tinggal  mengeraskan lantai dan memasang  daun pintu dan jendela serta MCK.
     “Setelah seluruhnya  sudah selesai dibangun, maka akan dilakukan pengundian rumah.Dengan demikian warga  segera bisa menempati untuk rumah tinggal“ tuturnya. (Hms12/Edy Laks).

Berita Terkait