Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

NURUL NIKMAH MAJU LOMBA SUB PPKBD TINGKAT JAWA TENGAH

Rabu, 13 Mei 2009 Kesehatan
SUB PPKBD KUPEN MAJU LOMBA TINGKAT JAWA TENGAH

TEMANGGUNG, Nurun Nikmah selaku Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa Kupen Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung  maju lomba Tingkat Jawa Tengah Selasa kemarin  (12/5). Penilaian lomba berlangsung di Balai  Desa  setempat. Sebelumnya rombongan tim penilai yang dipimpin Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dra Sri Murtiningsih, MS diterima Bupati Drs. Hasyim Afandi di ruang Gajah Pendopo Jenar Setda Temanggung. Ikut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lies Dariyati Hasyim, SPd dan Wakilnya Ny. Eny Budiarto, S Sos.
     Nurun Nikmah maju lomba Sub PPKBD tingkat Jawa Tengah  mewakili Kabupaten Temanggung setelah sebelumnya berhasil keluar sebagai juara pertama lomba yang sama tingkat Kabupaten. Selama ini yang bersangkutan  sehari-hari berprofesi sebagai tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiah Desa Kupen. Meski sibuk mengajar, ia masih sempat meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya aktif sebagai Sub PPKBD Dusun Tegalwungu  Desa setempat .
     Selain itu juga tercatat sebagai kader Pemberdaya Masyarakat Desa PNPM Mandiri sejak tahun 2006 dan sebagai kader ekonomi desa sejak tahun 2003. Jabatan sosial lain yang ia sandang  yakni  sebagai ketua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Desa Kupen  sejak tahun 1996  dan juga aktif di PKK  serta organisasi Muslimat.
     Kiprahnya sebagai Sub PPKBD  cukup besar dalam memberikan kontribusi guna mendukung keberhasilan program Keluarga Berencana. Hal itu terbukti dari waktu kewaktu jumlah peserta KB terus meningkat, sehingga angka kelahiran bayi bisa ditekan. Jumlah Pasangan Usia subur (PUS) Desa Kupen saat ini tercatat sebanyak 951 Kepala Keluarga (KK) dan sebagian besar mengikuti  program KB mencapai 750 KK. Jenis alat kontrasepsi yang paling banyak  yakni suntik mencapai 367 orang, implant 194 orang dan IUD 122 orang. Peserta KB lainnnya memakai pil 39, MOW 3, MOP 20 dan kondom 5 orang. Sedang PUS  bukan  sebagai peserta KB  tercatat 201  KK dan yang paling banyak karena ingin anak tapi ditunda mencapi 91 pasang.  Disamping itu 73 pasang ingin anak segera  dan yang tidak ingin anak lagi 12 pasang  serta  25 orang saat ini tengah hamil.
     Ketua Tim Penilai  Dra Sri Murtiningsih, MS menjelaskan, tujuan lomba  sebagai upaya pembinaan dan peningkatan  pengetahuan dan wawasan bagi Sub PPKBD. Diharapkan melalui lomba,   peran Sub PPKBD akan semakin termotivasi guna mendukung keberhasilan program Keluarga Berencana. Materi penilaian  lanjutnya meliputi pengorganisasian, pertemuan, kie dan konseling, pencatatan dan pendataan, pelayanan kegiatan dan kemandirian. Selain itu juga aspek  data administrasi dan aspek penampilan/kecakapan. Dia menambahkan dalam lomba kali ini akan dipilih  3 orang pemenang  dengan kategori  teladan I, II dan teladan III. (hms/Edy Laks).

Berita Terkait