Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

128 KELUARGA PENGUNGSI TLOGOPUCANG KEMBALI KE RUMAH

Senin, 21 Mei 2012 Bencana
TEMANGGUNG, 128 Keluarga  447 jiwa  pengungsi korban tanah bergerak di Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, pulang kembali ke rumah meninggalkan kamp pengungsian. Mereka  pulang  kondisi alam mulai stabil.
     Kepala Desa Tlogopucang Akhmad Zaidin menjelaskan, sebagian warga telah meninggalkan tempat pengungsian pada Jumat (10/5) sore. Diutarakan mulai kemarin tidak terjadi gerakan tanah sehingga warga mulai tenang dan sebagian kembali ke rumah masing-masing.Mereka yang sudah kembali ke rumahnya, sebagian warga RT 03 dan RT 05.
     “Sebelumnya jumlah pengungsi mencapai 867 jiwa dari 207 keluarga terdiri atas 867 jiwa.Dengan kembalinya sebagian pengungsi, maka kini tinggal  79 keluarga 420 jiwa.“ tandasnya.
     Sukeri salah seorang pengungsi menuturkan, kebutuhan makan di pengungsian terpenuhi dengan baik, setiap hari mendapat jatah makan tiga kali.Demikian juga untuk periksa kesehatan juga tersedia pos kesehatan dari Puskesmas Kandangan. Ia beralasan lebih nyaman di pengungsian, karena lokasinya lebih aman.
     Sebagaimana pernah diwartakan, musibah tebing longsor terjadi  Rabu lalu (9/5)  diawali suara gemuruh  sehingga  warga panik.Untuk keselamatan warga, sebnayak 70 KK mereka diungsikan ditampung digedung TPQ setempat . Kepala Dusun Kedopokan, Imbuh Alwani, mengaku, sering merasakan tanah bergerak dalam dua pekan terakhir. Getaran paling keras terasa pada Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Akibatnya sebagian tebing longsor dan menimbulkan rekahan tanah puluhan meter sedalam 2 meter. Bahkan ada rumah warga yang pondasi rumahnya retak dan bergeser sehingga mengkhawatirkan bila tetap dihuni.  (Hms12/ Edy Laks )

Berita Terkait