Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI BERSILATURAHMI DENGAN KADANG TEMANGGUNGAN

Selasa, 22 Mei 2012 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Hasyim Afandi bersama sejumlah pejabat Pemkab Temanggung besilaturahmi dengan kadang Temanggungan di Lembang Bandung  Sabtu-Minggu (19-20/5). Silaturahmi bertujuan untuk menjalin komunikasi dan sinergitas guna membangun Temanggung supaya semakin maju, bersatu dan sejahtera.
     Pertemuan silaturahmi  selama dua hari yang dipusatkan di Abadi hash  Lembang Bandung itu diikuti ribuan warga perantauan Temanggung di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Juga diikuti mahasiswa asal Temanggung yang kuliah  di Bandung dan sekitarnya. Sedang dari Pemkab Temanggung selain Bupati Hasyim Afandi, juga mendampingi Sekretaris Daerah Bambang Arochman, ketua Bappeda Bambang Dwantoro,Kepala dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Masrik Amin Zuhdi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bekti Prijono dan pejabat terkait.
     Ketua panitia Joko Sunarto mengatakan, silaturahmi dengan mengambil tajuk “Kebangkitan Kadang Temanggungan“  itu diselenggarakan bertujuan untuk membangun komunikasi yang lebih intensif  antara warga perantuan dengan jajaran Pemkab Temanggung. Dengan demikian terwujud jalinan komunikasi dan sinergitas  sebagai wujud kepedulian Kadang Temanggungan untuk ikut memberikan kontribusi demi kemajuan daerah asal kampung halaman Temanggung tercinta.
     Diutarakan selama ini warga perantuan yang tergabung dalam Forum Ikatan Kadang Temanggungan (FIKT) telah melakukan berbagai kegiatan berpartisipasi memajukan daerah diantaranya membangun sejumlah perpustakaan sekolah, menggelar pameran buku dan menerbikan buku kisah sukses orang-orang Temanggung yang dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah.  Program kedepan ujarnya berencana membangun perguruan tinggi Politeknik dibidang Pertanian guna menghasilka sarjan-sarjana pertanian handal. Program tersebut  lanjutnya diprakarsai Yayasan GURU DAMANG (Guyub Rukun Kadang Temanggungan).
     Ketua yayasan  Guru Damang Hariyono menjelaskan, Temanggung yang dikenal sebagai daerah berbasis pertanian maka sudah selayaknya berdiri perguruan tinggi jurusan ilmu pertanian. Berdirinya Politeknik tersebut nantinya bakal melengkapi keberadaan SMK I Maron Temanggung yang selama ini menghasilkan lulusan kompetensi pertanian. Dengan demikian budidaya pertanian semakin maju dan berkembang  demi terwujudnya Temanggung yang lebih maju, bersatu dan sejahtera.
     Bupati Hasyim dalam sambutannya memberika apresiasi yang tinggi dilaksanakannya silaturahmi bertajuk Kebangkitan Kadang Temanggung. Diharapkan melalui kegiatan tersebut menjadi awal kebangkitan untuk merubah mindset/cara berfikir kearah yang  lebih produktif dan inovatif. Diutarakan masyarakat Temanggung yang 70 persen menggantungkan hidupnya dari pertanian, belum seluruhnya  berpikir maju seiring pekembangan teknologi pertanian. Kebanyakan masih berpikiran lama yakni bertani untuk makan sehinga produktifitasnya rendah. Padahal era sekarang polanya harus berubah yakni bertani untuk hidup, menuntut petani berpikiran maju menanam komoditas unggulan dan melakukan usaha tani secara modern.
     “Menanam ketela berbuah ketela itu kuno, tapi sekarang mesti dirubah menanam ketela berbuah uang. Oleh karena itu petani mesti cerdas dengan mananam komoditas unggulan seperti ketela mekarmanik, padi mikongga agar produksinya banyak  bernilai ekonomi tinggi menghasilkan uang sehingga hidupnya sejahtera”, tandasnya.
     Terkait dengan rencana yayasan Guru Damang mendirikan Polteknik pertanian, Pemkab merespon positif keberadaannya bakal memajukan dunia pendidikan tinggi di Temanggung. Selain itu juga berdampak positif guna meningkatkan kualitas maupun kuantitas sektor pertanian.
     “Oleh karena itu konsep pendirian politeknik hendaknya  dimatangkan untuk dibahas lebih lanjut dengan Pemkab dan DPRD. Dengan demikian diharapkan ada kesamaan  persepsi dan alur pikir yang bisa diterima masyarakat, sehingga program tersebut  secepatanya terealisir”, harapnya. Seusai memberika sambutan, Bupati mengukukuhkan Yayasan Guru Damang yang diketuai Hariyono, Penasehat Wardiyoso dan Pembina Milono Jati.
     Secara keseluruhan silaturahmi berjalan semarak  diisi  presentasi  dari Forum Ikatan Kadang Temanggungan (FIKT), Koperasi Milsi Temanggung (KOmite), Komunitas Fotografi Temanggung (Koforte), Cendekian Mandiri (Cemani) dan dari Liyangan. Selain itu juga dimeriahkan hiburan keroncong, cengklungan dari Geblok Kaloran dan kesenian kulintang angklung dari ITB Bandung. (Hms12/ Edy Laks).


Berita Terkait