Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TANAH DI TLOGOPUCANG DITELITI

Rabu, 23 Mei 2012 Bencana
TEMANGGUNG, Tanah bergerak di Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan baru-baru ini diteliti oleh Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 
     Tim yang diterjunkan dipimpin Ketua Program Magister Pengelolaan Bencana Alam Fakultas Teknik UGM, Rachmad Jayadi beranggotakan Dwikorita Karnawati, Teuku Faisal Fathani, dan Haryo. Mereka melakukan observasi lapangan dan kajian teknis kejadian longsor yang oleh masyarakat setempat sebagai tanah bergerak.
     Rachmad Jayadi mengatakan kajian di lapangan untuk mengetahui fenomena terjadinya longsor. Hasilnya akan disampaikan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung sebagai bahan mengambil kebijakan atas kondisi tanah di Dusun Kedopokan. Penelitian yang dilakukan, antara lain dengan pemetaan tanah, mengukur derajat kemiringan, mengambil sampel tanah dan batuan.
     “Dusun Kedopokan berada pada bentang lembah atau ceruk berundak-undak dengan rumah-rumah di tebing dan dasar ceruk.Pengamatan juga pada potensi bahaya dari sisi morfologi, tanah, dan batu", katanya sembari menambahkan  juga  diukur kekuatan tanah menahan dan bila meluncur atau longsor.
     Menurutnya longsor yang terjadi karena kemiringan lereng dikombinasi dengan tekstur tanah, hujan, dan pemotongan lereng untuk jalan dan bangunan. Dihimbau, warga bila ada rekahan, supaya ditutup  agar air tidak masuk bidang gelincir dan kawasan tebing dibuat terasiring. (Hms12/Edy Laks).


Berita Terkait