Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KETERBUKAAN INFORMASI, MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Jumat, 08 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Diberlakukannya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik berorientasi  dalam kerangka mensejahterakan masyarakat. Dengan demikian diharapkan  mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.
     Hal itu dikemukakan Ketua Komisi Informasi Publik Provinsi  Jawa Tengah Rahmulyo Adiwibowo dalam cara konsolidasi dan evaluasi masalah pelayanan informasi  di Kabupaten Temaggung. Acara tersebut berlangsung di ruang gajah  pendopo Jenar Setda Kab Temanggung Rabu (6/6) dihadir Bupati, perjabat FKPD, Ketua DPRD dan pejabat terkait.
     Menurut Rahmulyo Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik  bertujuan  menjamin hak warga Negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik dan proses pengambilan keputusan publik serta alasan pengambilan suatau keputusan publik. Berdasarkan hal itu lanjutnya  diharapkan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik.
     “Keterbukaan informasi publik bertujuan  mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat  dipertanggungjawabkan. Selain itu juga untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.“ tandasnya  seraya menambahkan melalui konsolidasidan evaluasi dapat diketahui sejauh mana Pemkab melaksanakan Keterbukaan Informasi publik. 
     Bupati Hasyim Afandi dalam sambutannya mengatakan dengan Diberlakukannya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik saat ini Pemkab tengah menyusun Peraturan Bupati tentang  pelayanan  informasi publik. Diutarakan selama ini pada hakekatnya  sudah melaksanakan  keterbukaan informasi mengenai bebagai kebijakan  kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan melalui  majalah Gema Bhumi Phala dan Website. Bahkan  melalui media  website banyak warga  baik yang ada di Temanggung mapun luar daerah meminta informasi maupun memberikan berbagai masukan.
     “Setiap bulan Kabag Humas melaporkan tentang laporan buku tamu website, tidak sedikit masyarakat, bahkan ada  yang dari luar negeri     yang  memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi maupun memberi masukan dan menunjukkan tranparansi informasi berjalan“ ujarnya .
     Seusai pertemuan di ruang gajah, rombongan dari  Komisi Informasi Publik Provinsi  Jawa Tengah melanjutkan kegiatan kunjungan lapangan . Obyek yang dikunjungi  meninjau ruag pelayanan informasi public di Kejaksaan Negeri Temanggung dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Temanggung.(Hms12/Edy Laks).

Berita Terkait