Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA LEGOKSARI GELAR RITUAL PONTONG

Selasa, 12 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Ratusan petani tembakau lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Lamuk Gunung, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, baru-baru ini menggelar ritual pontong. Ritual pontong adalah  upacara adat turun temurun ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang digelar di sumber mata air keramat.
    Upacara adat ini diawali dengan kirap tumpeng sari menuju sumber air pontong yang berjarak kurang lebih satu kilo meter di kaki Gunung Sumbing. Mata air yang sudah ada puluhan bahkan ratusan tahun  silam dianggap keramat oleh warga  selain itu mata air tersebut  merupakan sumber air kehidupan warga setempat. Untuk menuju ke tempat keramat itu warga berjalan kaki menyusuri tebing dan jurang dengan jalan setapak.
    Ditempat keramat tersebut, sesepuh desa melakukan ritual dengan menggelar sesaji dan membakar kemenyan. Sebagai penutup ritual, seluruh warga turut berdoa untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan hidup kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Usai didoakan oleh sesepuh desa, ratusan warga Dusun Lamuk Gunung berebut Tumpengsari berisi bermacam hasil bumi. Mereka nekad terlibat saling dorong untuk mendapatkan berbagai macam isi sesaji yang dipercaya dapat mendatangkan keselamatan dan rejeki yang melimpah.
    Kepala Desa Lamuk Gunung, Subakir mengatakan, hingga saat ini ritual Tumpengsari Pontong tetap dilestarikan oleh warga Dusun Lamuk Gunung. Mereka tidak berani meninggalkan ritual tersebut karena dapat mendatangkan mara bahaya dan musibah. Selain bernilai religius, ritual ini juga berdampak baik pada bergeraknya ekonomi masyarakat.(Hms12/Edy Laks). 

Berita Terkait