Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SEJALAN DENGAN GERAKAN BALI DESO MBANGUN DESO

Rabu, 13 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  Reguler ke 88 di Desa  Klepu Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung  yang dilaksanakan mulai tanggal 21 hari efektif mulai tanggal 23 Mei s/d 12 Juni 2012, kemarin mampu menghemat anggaran Rp.173.530.000.- .
     Sasaran pokok Program TMMD ini adalah pembangunan cor rabat beton dengan panjang 1100 m, lebar 3 m, sedangkan sasaran pendamping bedah rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit, dan sasaran pengembangan berupa trasahan, bertujuan untuk memperlancar sarana transportasi.
     Selain itu juga dalam kegiatan ini juga dilaksanakan program non fisik oleh instansi terkait secara terpadu dengan titik berat kegiatan peningkatan pengetahuan tentang wawasan Kebangsaan dan cinta tanah air, sosialisasi UU No. 22 tahun 2009 dan narkoba, penyuluhan tentang Holtikultura, dan penyuluhan kesehatan.
     Hal itu dikemukakan komandan KODIM 0706 Letkol Inf. Zainuddin seusai upacara penutupan program TMMD  yang berlangsung di desa setempat Selasa (12/06).
     Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, hadir dalam kegiatan tersebut FKPD, Pimpinan Dewan dan Pejabat Terkait. Penutupan  ditandai dengan penyerahan kembali alat kerja dari personil pelaksana, dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima proyek oleh Dandim Letkol Inf. Zainuddin kepada Ketua DPRD Temanggung Bambang Sukarno.
     Menurutnya, berbagai proyek yang dikerjakan bila diborongkan diperkirakan menghabiskan biaya Rp.450.000.000. Namun melalui TMMD yang dilaksanakan secara bergotong royong  oleh TNI dan warga masyarakat serta pihak terkait lainnya hanya menelan  biaya Rp.276.470.000, sehingga menghemat anggaran Rp. 173.530.000.    
     “Dengan selesainya Program ini warga kini tidak mengalami kesulitan lagi untuk membawa segala kebutuhan  pertanian  ke sawah, dengan demikian arus transportasi perekonomian menjadi lancar.
     Sementara sambutan gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Bupati mengatakan kegiatan ini secara fisik ikut membantu pembangunan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat, dan secara non fisik mampu meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, pengembangan komunikasi sosial, memotifasi tekat serta semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sesuai potensi dan karakteristik desanya masing-masing.
     Hal ini sejalan dengan gerakan Bali Deso Mbangun Deso yang saat ini sudah berada pada bulan ke-6 tahap III tahun 2012-2013 sebagai tahap akhir yaitu pencapaian Visi terwujudnya masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera, mandiri, berkemampuan dan berdaya saing tinggi.(Hms12/Paul).

Berita Terkait