Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUB SERAHKAN BANSOS PENGUATAN LDPM

Kamis, 14 Juni 2012 Sosial
TEMANGGUNG, Tahun 2012 ini Pemerintah Kabupaten Temanggung menerima alokasi bantuan sosial (bansos-APBN) Penguatan LDPM sebesar Rp 150 juta. Penguatan LDPM adalah merupakan kegiatan terobosan pemerintah untuk menyalurkan dana bantuan sosial kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) guna meningkatkan pendapatan dan akses pangan anggotanya.
      Rabu, (14/06) kemarin, Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT secara simolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Gapoktan Sedya Tani Makmur, Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Ir, Siam Dwi Astuti, MM, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Slamet Sariyono, dan Agus Prasojo dari Badan Penyuluh.
      Ir, Siam Dwi Astuti, mengatakan Latar belakang Program kegiatan ini karena sering Jatuhnya harga gabah/beras/jagung pada saat panen raya sehingga pendapatan petani rendah, Belum banyaknya petani berkelompok yang menyebabkan lemahnya posisi tawar petani, dan kurangnya produksi petani saat tertentu sehingga  kurangnya akses pangan saat paceklik.
      Bansos ini telah di cairkan  melalui transfer ke rekening gapoktan pada bulan Mei 2012, dengan pemanfaatan dana untuk pembangunan gudang cadangan pangan, pembelian gabah sebagai cadangan pangan, dan pembelian, pemrosesan, penjualan gabah/beras/jagung.
      “selain Gapoktan Sedya Tani Makmur, pada Tahun 2009 Kabupaten Temanggung juga telah menerima bansos LDPM untuk Gapoktan Karya Tani, Ds Kebumen, Kec. Pringsurat, Gapoktan Tani Makmur, Ds Danurejo, Kec. Kedu, dan pada Tahun 2010 juga telah diberikan kepada Gapoktan Rejo Tani, Kel. Jampirejo, Kec. Temanggung Tahun 2011 Gapoktan Subur Makmur, Ds Traji, Kec. Parakan, ungkapnya
      Tujuan kegiatan ini adalah untuk Mengembangkan kemampuan Gapoktan untuk mengembangkan unit usaha dalam pembelian, penyimpanan, pengolahan, dan penjualan dalam rangka mendukung harga pangan strategis, selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan gapoktan dalam mengembangkan unit cadangan pangan dan meningkatkan kemampuan gapoktan dalam mengembangkan jejaring distribusi pangan dengan mitra di luar wilayah.
      Wabub dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah dalam membantu permodalan  bagi Gapoktan untuk mengembangkan usaha pertanian serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu  bantuan yang diterima hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  agar usaha pertanian roduktif bisa bertambah maju dan berkembang.
      Diutarakan juga agar usaha  bisa berjalan, ditekankan pentingnya menjalin komunikasi, sehingga apabila menemui kesulitan bisa saling membantu. Selain iu melalui jalinan komunikasi  menjadi wadah belajar untuk berusaha besama-sama supaya lebih produktif.(Hms12/Paul).

Berita Terkait