Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RASKIN HARUS TEPAT SASARAN, JUMLAH, HARGA, WAKTU, ADMINISTRASI, KUALITAS

Kamis, 21 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Dalam rangka memberikan pengarahan dan penyerahan kartu raskin Kabupaten Temanggung, bertempat di Graha Bhumi Phala Komplek Setda Temanggung dilaksanakan Sosialisasi Program Raskin Tahun 2012. Hadir pada acara tersebut Perwakilan dari Bulog, SKPD terkait, Kades beserta Sekdes, dan Kalur beserta seklur.
     Kepada pihak-pihak yang terkait dengan raskin pada acara tersebut di depan Bupati Temanggung berjanji untuk tidak memotong jatah raskin yang di terimakan Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM).
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menyampaikan bahwa raskin ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk simiskin agar tidak terpinggirkan. Dalam hal ini simiskin agar terkurangi beban hidupnya, dari Pemerintah telah melakukan berbagai program, untuk bidang pendidikan dibantu dengan BOS, Bidang kesehatan dibantu Askeskin, Jamkesmas, untuk bidang pangan dibantu dengan beras murah.
     Ditambahkan, bagaimana mengupayakan agar raskin bisa tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi. Jangan kelola raskin dengan cara pemerataan dalam pembagiannya, karena raskin tersebut bukan jatah orang diluar Rumah tangga sasaran.
     Kepala Bagian Perekonomian Kristi Widodo melaporakan berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011 ditetapkan sebanyak 62.140 RTS-PM atau mengalami kenaikan sebanyak 2.810 RTS-PM dibandingkan PPLS 2008. Dengan adanya perubahan tersebut agar pihak desa/kelurahan untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat , untuk meneliti data RTS-PM dan jika terjadi ketidak sesuaian untuk berkonsultasi secara berjenjang.
     Untuk tahun 2012 penerimaan raskin per RTS-PM mendapatkan 15 kg/bulan. Program raskin 2012 akan diterima mulai bulan juni sampai dengan bulan Desember selama 7 bulan. Sedangkan untuk harga raskin Rp. 1.600/kg maka setiap RTS-Pm harus menganti beras tersebut sebesar Rp. 24.000.(Hms12/miDjan/pakDhe)

Berita Terkait