Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

21.000 HA LAHAN PRODUKTIF DIPERTAHANKAN

Selasa, 26 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Lahan pertanian produktif seluas 21.000 ha akan dipertahankan untuk mengamankan produksi pangan. Lahan tersebut terdiri dari lahan basah dan lahan kering.
     Bupati Temanggung Hasyim Affandi Dikantonya senin (25/6) mengatakan, iklim global berpotensi mengancam produksi tanaman pangan di seluruh dunia. Karenanya Indonesia berkewajiban meningkatkan produksi beras menjadi 10 juta ton per tahun.Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten, bertekad lahan seluas 21.000 ha dipertahankan sebagai lahan pertanian produktif berkelanjutan.
     Dikemukakan untuk mencapai itu, sawah jangan dialih fungsikan.  Namun
     Diakui berdasarkan informasi yang diperolehnya, dari luasan 21.000 ha sawah tersebut, saat ini sudah ada sekitar 25 ha yang akan beralih fungsi menjadi perumahan. Statusnya masih sedang mengurus sertifikat.
     “Agar alih fungsi lahan tidak makin banyak, pihaknya mengeluarkan peraturan bupati (perbup) yang isinya mengatur bahwa alih fungsi lahan harus sesuai Undang - Undang (UU).Jika di sebuah lahan terdapat sebuah irigasi tekhnis, jika akan dialihfungsikan, maka harus dicarikan ganti tiga kali lipat, seperti informasi lahan yang memuat saluran irigasi lebih“ tandasnya  sembari menambahkan, dari 13 kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Temanggung, sebanyak 1.600 ha lahan telah dinyatakan berstatus kuning. Artinya boleh digunakan untuk perumahan.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait