Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

AGAR LINGKUNGAN TEDUH, JANGAN TEBANG POHON

Selasa, 26 Juni 2012 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi megajak segenap  warga masyarakat  untuk menjaga lingkungan yang bersih, indah dan teduh dengan tidak menebang pohon. Oleh karena itu gerakan menanam pohon terus digalakkan dan jadikan cinta kebersihan menjadi budaya hidup sehari-hari. 
     Ajakan itu disampaikan bupati pada acara gerakan tasyakuran Adipura di di Graha Bhumi Phala komplek Setda Senin (25/6). Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah,  pejabat terkait, Kepala kelurahan dan tokoh-tokoh masyarakat.
     “Dengan diraihnya penghargaan trophy Adipura menjadi cambuk untuk  terus menjaga lingkungan yang bersih, indah dan teduh.  Oleh karena itu kita harus rajin menanam berbagai jenis pepohonan dan jangan sekali-kali melakukan penebangan, kecuali yang membahayakan“ pintanya.
     Menurutnya  diperolehnya penghargaan adipura mesti dimaknai  terus menggelorakan semangat hidup bersih luar dan dalam. Dengan  demikian  gaya hidup bersih menjadi budaya sehingga bila  melihat ada sampah sedikit saja  merasa risih untuk segera dibersihkan. Selain itu  gaya hidup bersih menginspirasi untuk senantiasa  berperilaku positif sehingga  tidak ada lagi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
     “Berawal dari Adipura ujarnya, diharapkan Temanggung oleh BPK mendapat opini wajar tanpa pengecualian menuju  zona integritas wilayah bebas korupsi. Tahapan berikutnya  dapat terwujud wilayah berpelayanan prima, maju dan sejahtera” harapnya.   
     Kepala Badan Lingkungan Hidup Andristi  menjelaskan, keberhasilan mendapat trophy Adipura merupakan hasil kerja keras semua pihak baik Pemkab maupun masyarakat dalam mewujudkan  lingkungan kota yang teduh, bersih, indah dan tertib. Objek penilaian lomba Adipura meliputi kawasan fasilitas umum seperti jalan, pasar  dan terminal serta komplek perumahan warga. Aspek penilaian menitik beratkan terwujudnya lingkungan yang teduh dan bersih. Oleh karena itu adanya  berbagai pohon peneduh yang subur dan rimbun serta tertata rapi sangat mendongkrak penilaian.
     Melengkapi kesuksesan meraih kembali trophy Adipura lanjutnya, tahun ini SMA Negeri 2 Temanggung berhasil  manyabet gelar juara pertama lomba sekolah Adi Wiyata Mandiri tingkat Nasional. Sedang SMK Negeri 1 (STM Pembangunana Maron) sukses merebut juara pertama lomba sekolah Adi Wiyata tingkat Nasional. Lomba tersebut merupakan lomba  sekolah berwawasan lingkungan.
     Dalam acara tasyakuran tersebut sekaligus diserahkan piala kepada juara lomba  K4  antar  Kelurahan dan lomba kebersihan antar SKPD. Untuk lomba K4 berhasil keluar sebagai juara pertama kelurahan Kowangan, juara dua Kelurahan  Kebonsari dan juara tiga kelurahan Walitelon Selatan. Untuk  Juara harapan 1, 2 dan 3 diraih Kelurahan Jampirejo, Banyuurip dan Sidorejo .Sedang lomba kebersihan antar SKPD dimenangkan Puskesmas Temanggung juara satu, Kecamatan Temanggung juara dua dan juara tiga diraih DPU.
     Disamping itu juga diserahkan  penghargaan adiwiyata dari Bupati  kepada juara pertama  SMA Negeri 2  Temanggung, juara dua SMK Negeri 1 Temanggung, juara tiga SMP Negeri 2 Temanggung dan juara empat SMP Negeri 1 Kranggan.(Hms12/ Edy Laks).

Berita Terkait