Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

LEMBAGA KOMUNIKASI MASYARAKAT DISOSIALISASIKAN

Rabu, 04 Juli 2012 Umum
TEMANGGUNG, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan sosialisasi tentang Lembaga Komunikasi Masyarakat LKM di pendopo Pengayoman Selasa (3/7). Sosialisasai dibuka oleh wakil Bupati Budiarto dihadiri Pejabat  terkait dan diikuti perwakilan LKM dari 20 kecamatan.
    Wakil Bupati Budiarto  dalam sambutannya menyambut positif diselenggarakannya sosialisasi tentang Lembaga Komunikasi Masyarakat. Dengan demikian keberadaan LKM akan lebih optimal, sehingga arus komunikasi dan informasi ditengah kehdupan masyarakat berjalan lancar.
    Materi sosialisasi disampaikan  nara sumber Sunarto dari Univesitas Diponegoro dan Wihayat Mintono dari Biro Humas Provinsi Jawa Tengah. Sedang bertindak sebagai moderator Samsul Hadi dari Pemkab Temanggung.
    Sunarto dalam paparannya mengatakan, keberadaan Lembaga Komunikasi Masyarakat  diantaranya  karena perkembangan teknologi informasi dan perkembangan media informasi. Hal itu mendorong masyarakat informasi harus diberdayakan dan potensi SDM informasi perlu diolah dan dimanfaatkan secara optimal. Diutarakan kegiatan LKM  menyebarluaskan informasi public dengan mendayagunakan berbagai media  dan menyelenggarakan dialog.
    “LKM  juga  berfungsi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama, menyerap informasi dan aspirasi masyarakat. Selain itu juga sebagai public relasi bagi masyarakat“ tandasnya.
    Sedang kedudukan LKM berkedudukan di Desa/kelurahan dan bersifat independent, mandiri dan swadaya.  Disamping itu  non politik dan non partisan, dapat berusaha bisnis dan dapat berbentuk yayasan atau badan hukum lain. Disisi lain  memiliki sifat membuat pusat informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
    Sementara itu nara sumber Wihayat Mintono menjelaskan,  peran dan fungsi LKM cukup strategis untuk memposisikan perannya. Karena forum ini terbentuk dari wujud kesadaran dari kelompok masyarakat yang muncul dari bawah dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Aktifitas LKM lanjutnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.    
     “Agar LKM  mampu melaksanakan fungsinya dengan baik dan dapat mencapai hasil yang optimal perlu adanya proses pengembangan yang sinergi dan berkesinambungan dan berjejaringan“ ujarnya. Sosialisasai diakhiri diskusi  yang berlangsung komunikatif.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait