Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SEMILOKA PNPM MANDIRI

Kamis, 31 Mei 2012 Perekonomian
TEMANGGUNG,  PNPM telah meletakkan pondasi kelembagaan, pengelolaan dan financial kepada masyarakarakat desa dengan baik. Semangat pembedayaan yang sekaligus  membawa pesan penyadaran keadilan gender telah mendidik hampr seluruh  lapisan masyarakat pedesaan.
     Hal itu dikemukakan ketua Komisi B DPRD Temanggung Subchan Bazari dalam acara Semiloka PNPM Mandiri Perdesaan di Omah Kebon Kowangan Selasa kemarin (29/5). Semiloka diikuti  para pelaku PNPM Mandii dari  20 kecamatan dan dhadiri sejumla pejabat terkait.
     Dia mengemukakan,  PNPM  menggerakkan masyarakat desa supaya mampu memberdayakan dirinya dengan kemandirian melalui konsolidasi struktur sehingga pemberdayaan masyarakat berjalan efektif. Pengentasan kemiskinan saja ujarnya tidak cukup untuk menyelamatkan masyarakat desa dari ketertinggalan. Desa menjadi  sarat beban, apabila metoda pengelolaan dan pemberdayaan desa tidak mengalamai lompatan  kreatifitas dan inovasi berarti.
     “Untuk itu perencanaan intregratif harus dilakukan. Semiloka  ini merupakan  moment yang baik untuk mengevaluasai dan meningkatkan kulaitas pelaksanaan PNPM“, ujarnya.
     Kepala Badan Pemberdayaan Masyaralkat Desa Sigit Purwanto mengatakan, asset sarana prasaran PNPM mencapai Rp. 102, 9 miliar meliputi sarana prasarana umum, pendidikan dan kesehatan. Aset ekonomi mikro per februari 2012  sebesar Rp.49,7 miliar. Total surplus UPK tahun 2012 yang dibagikan dalam bentuk  dana sosial langsung kepada masyarakat ( RTM)  pada tahun 2012  sebesar Rp.982 juta  yang dibagikan kepada 327 RTM. Dana tersebut digunakan  untuk peningkatan  sarana prasarana dasar  permukiman  dan bantuan permodalan serta peningkatan kapasitas masyarakat. (Hms12/EdyLaks)   

Berita Terkait