Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEKERINGAN PEMKAB BANTU AIR BERSIH

Sabtu, 21 Juli 2012 Bencana
TEMANGGUNG, Pemkab Temanggung mulai melakukan pengiriman  air bersih untuk dibantukan kepada warga di wilayah/desa yang mengalami kekeringan pada  musim kemarau tahun ini. Menandai dimulainya pengiriman bantuan air besih  dilakukan  pelepasan  3 truk tangki oleh Sekretaris Daerah Bambang Arochman  dengan mengibaskan bendera star di halaman setda  pagi tadi Jum’at (20/7) disaksikan sejumlah pejabat dan karyawan/karyawati peserta apel. 
     Sekretaris Daerah Bambang Arochman dalam sambutannya mengatakan, bantuan iar bersih merupakan ujud kepedulian Pemkab Temanggung guna membantu kebutuhan air bersih bagi warga yang membutuhkan. Diutarakan  sebagaimana  tahun tahun sebelumnya,  Pemkab Temanggung dalam APBD mengalokasikan  anggaran untuk  membantu air bersih  kepada warga yang mengalami kekeringan. 
     Ketua Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Agus Widodo di kantornya mengatakan, armada pertama  sebanyak 5 truk  tangki yang dilepas masing-masing mengangkut 500 liter air bersih. Sasaran bantuan dikirim  ke Kecamatan Kranggan dan Kaloran. Diutarakan berdasarkan  laporan yang masuk sedikitnya 49 Dusun, 19 Desa di 6 Kecamatan menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau datang. Bahkan sudah ada tiga kecamatan yang telah mengajukan permohonan untuk penyaluran air bersih, yakni Kecamatan Kandangan, Bulu, dan Gemawang.
     “Permohonan tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan survei  ke lapangan untuk mengetahui tingkat kekeringan yang dialami. Dengan demikian bisa menentukan jumlah pasokan air bersih yang akan dikirim” ujarnya.
     Diutarakan berdasarkan  data tahun lalu, dari tiga kecamatan tersebut sedikitnya  2.714 keluarga yang terancam kekurangan air bersih pada saat musim kemarau tiba nanti sehingga mereka mengajukkan permintaan bantuan air bersih lebih dini. Direncanakan pada awal Juli 2012 pasokan air bersih mulai didistribusikan .Sedang anggaran bantuan air bersih untuk daerah kekeringan tahun ini Rp36 juta. Dana sebesar itu  cukup untuk penyaluran 400 tangki air bersih selama bulan Juli hingga Agustus mendatang.(Hms12/Edy Laks).      

Berita Terkait