Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RASKIN SULIT DIBAGIKAN KARENA DATA SALAH

Selasa, 24 Juli 2012 Ketahanan Pangan
TEMANGGUNG, Akibat data penerima beras miskin dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Temanggung banyak salah dan tidak tepat sasaran, menyebabkan. banyak desa kesulitan membagikan raskin.
     Kepala Bagian Perekonomian Sekda Kabupaten Temanggung, Kristwidodo.dikantonya sabtu (21/7) mengatakan, kesalahan data penerima raskin setelah pemerintah  menggunakan data program perlindungan sosial tahun 2011 yang lalu. Sebelumnya  pemerintah menggunakan data 2008. Dari data yang terbaru  tersebut ternyata banyak yang tidak  tepat sasaran. Banyak desa yang mengalami penurunan jatah penerima raskin hingga 60 persen lebih, tetapi banyak pula yang naik lebih dari 90 persen.
     Dia mencontohkan, Kelurahan Kertosai turun 55 persen dari 304 RTSPM menjadi 138 RTSPM. Desa Bagusan turun 50 persen, dari 75 RTSPM menjadi 37 RTSPM sedangkan Desa Joho naik 98 persen, dari 43 RTSPM menjadi 85 RTSPM dan Desa Jetis dari 59 RTSPM menjadi 298 RTSPM atau naik 87 persen.
     “Adanya perubahan data raskin itu pemkab lantas mengadakan verifikasi hingga desa, sehingga raskin yang sedianya turun Juni diundur menjadi awal Juli dan yang alokasi Juli diundur menjadi awal puasa” Ujarnya  seraya menambahkan  Untuk menangani hal tersebut Pemkab akan melayang surat kepada Kemenkokesra agar bisa merubah kebijakan pagu raskin bukan menjadi pagu perdesa akan tetapi per kecamatan atau per kabupaten.(Hms12/ Edy Laks).

Berita Terkait