Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TARKHIM RAMADHAN BERLANGSUNG DI 20 KECAMATAN

Kamis, 23 Agustus 2012 Umum
TEMANGGUNG, Guna mengisi kegiatan selama  bulan Ramadhan tahun 1433 Hijriah atau tahun 2012 Masehi ini Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar sholat Tarawih dan Silaturokhim Bersama. Kegiatan yang merupakan kalender tahunan itu dilaksnakan  di 20 Desa yang tersebar di 20 Kecamatan bertujuan  sebagai wahana silaturohim sekaligus menyampaikan informasi-informasi pembangunan melalui  bahasa dan pintu agama.
     Kabag Kesra Setda Temanggung Drs H Safrudin Dato  ditemui dikantornya,  Senin (23/7) mengemukakan, tim Safari Ramadhan Sholat Terawih dan Silaturakhim  dipimpin langsung Bupati Hasyim Afandi sebagai tim inti. Tim inti  beranggotakan, Ketua DPRD, FKPD, Ketua Pengadilan Negeri, Wakil Bupati Sekda  dan pejabat terkait. Sedang tim pendamping  dibagi menjadi dua tim masing-masing beranggotakan para Kepala SKPD dan Kepala Bagian dilingkup Setda Kab Temanggung.
     Dikatakan, untuk lokasi yang jauh, seperti Kecamatan Tretep, Wonoboyo dan Bejen, kegiatan tarhim diawali dengan buka bersama dengan warga masyarakat setempat, sehingga tim berangkat dari Pendopo Pengayoman pada jam 17.15 WIB. sedang di kecamatan yang lain tidak dilakukan buka bersama karena jaraknya dekat, tim berangkat pada jam 18.15 juga dari pendopo Pengayoman.
     Tim Tarkhim, lanjutnya, selain menyampaikan informasi-informasi pembangunan juga memberikan bantuan untuk Takmir Masjid berupa uang pembinaan dan paket bantuan barang berupa sajadah, recall, Alqur’an  dan  buku-buku agama, jam dinding serta 1 stel  sarung dan baju koko.
     "Bantuan ini sebagai ujud kepedulian Pemkab guna mendukung operasional takmir masjid. Sehingga, kegiatan peribadatan semakin meningkat, utamanya di bulan  suci Ramadhan ini'' ujarnya.
     Dijadwalkan kegiatan Tarhim akan berakhir 13 Agustus  mendatang di  masjid Alfatah Dusun Sendari desa Kembangsari Kecamatan Kandangan. Dia  menambahkan, pada bulan Ramadhan kali ini  Bupati beserta FKPD juga mengagendakan buka bersama  dengan anak yatim dan dhuafa di pendopo Pengayoman. Dalam acara tersebut akan diserahkan bantuan tali asih berupa uang.
     Memasuki  awal pelaksanaan Tarkhim, telah dilaksanakan buka bersama dilanjutkan  sholat magrib, sholat Isyak dan  sholat Tarawih  secara berjamaah di Pendopo Pengayoman  tadi malam  Senin  (23/7). Bertindak selaku imam Ketua MUI  KH. Yakub Mubarok dan penceramah  Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Temanggung Drs. H. Puji Khamdani.  Dalam ceramahnya  Puji Khamdani mengajak kepada segenap umat Islam agar menunaikan ibadah puasa dengan imanan wahtisaban sehingga  setelah puasa keimanan dan ketaqwaannya meningkat.
     Sedang Bupati dalam sambutannya mengharapkan melalui momentum Ramadhan umat Islam meraih 5 sukses yakni sukses ibadah puasa  dan sukses merayakan HUT Proklamasi 17 Agustus 2012. sedang 3 sukses lainnya meliputi sukses panen tembakau  laku dengan harga tingi, sukses marayakan Idul Fitri  dan sukses pasca panen tembakau .
     “Setelah sukses panen tembakau saya harapkan petani khususnya dan warga masyarakat pada umumnya memanfaatkan keuntungan hasil panen di jalan yang benar dan bermanfaat. Jangan sampai digunakan  pada hal-hal  negative yang mendatangkan mudharat“ pintanya. (Hms12/ Edy Laks).

Berita Terkait