Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB PERINGATI NUZULUL QURAN

Rabu, 08 Agustus 2012 Keagamaan
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung Minggu malam kemarin (5/8) menggelar peringatan Nuzulul Quran yang dibarengkan kegiatan Tarkhim di masjid Baitussalam Desa Mranggen Kidul Kecamatan Bansari. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Hasyim Afandi beserta para pejabat  Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah beserta pejabat terkait dan  aparat kecamatan maupun  perangkat desa setempat.
     Peringatan Nuzulul Quran disi pengajian yang disampaikan penceramah KH Usman Ridho.Dia mengatakan,  Ibadah puasa Ramadan tahun 2012 yang dijalankan oleh kaum muslim, jika diibaratkan dalam permainan atau pertandingan olah raga, sekarang ini telah memasuki babak semifinal. Sebab, dalam kurun waktu sebulan puasa selama Ramadan, saat ini kaum muslim telah menjalaninya separuhnya lebih. Sudah barang tentu kerena  memasuki semi final, sebagian tim/ pemain ada yang berguguran. Hal itu nampak pada barisan  peserta sholat terawih pada umumnya  jumlahnya menurun tidak sebanyak pada saat awal ramadhan atau pada babak penyisihan.  
     ''Ibarat pertandingan olahraga, saat ini, kaum muslim telah memasuki semifinal, dan tinggal selangkah lagi untuk lolos ke babak final serta mencapai puncak kemenangan,''katanya seraya mengajak  ibadah puasa ini dilaksanakan dengan imanan wahti sabanatau keimanan yang betul-betul dan tulus kepada Allah SWT.
     Dia mengatakan, agar lolos ke babak final dan mencapai puncak kemenangan pada Idul Fitri nanti, kaum muslim harus melaksanakan dan meningkatkan amalan-amalan ibadah dalam bulan Ramadan. Seperti, tarawih, memperbanyak tadarus Alquran, shalat sunah, sodaqoh serta amalan-amalan lainnya.
     Berkaitan dengan   peringatan Nuzulul Alquran atau hari turunnya Alquran pada 17 Ramadan ini Usman Ridho menekankan umat Islam bisa makin dalam mempelajari kitab suci tersebut. Dengan demikian dapat memahami isi kandungan Alquran, dan melaksanakan atau mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari
     ''Dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terdapat dalam Alquran, kita berharap akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, serta memeroleh keselamatan dan kebahagiaan dalam kehidupan di dunia dan di akhirat,''tuturnya.
     Sedang Bupati Hasyim dalam sambutannya mengharapkan melalui momentum Ramadhan umat Islam meraih 5 sukses yakni sukses ibadah puasa  dan sukses merayakan HUT Proklamasi 17 Agustus 2012. sedang 3 sukses lainnya meliputi sukses panen tembakau  laku dengan harga tingi, sukses marayakan Idul Fitri  dan sukses pasca panen tembakau .
     Pada kesempatan itu Bupati menyerahkan  paket bantuan  berupa   sajadah, recall, Alquran  dan  buku-buku agama, jam dinding serta 1 stel  sarung dan baju koko khusus untuk imam masjid.   Bantuan ini sebagai ujud kepedulian Pemkab guna mendukung operasional takmir masjid. Sehingga, kegiatan peribadatan semakin meningkat, utamanya di bulan  suci Ramadhan ini'' ujarnya.(Hms12/ Edy Laks)

Berita Terkait