Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI TINJAU POS PAM LEBARAN 2012

Kamis, 16 Agustus 2012 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Wakil  ketua DPRD  Muh Amin dan wakil Bupati Ir. Budiarto, MT Selasa kemarin  (14/8) melakukan kunjungan kerja meninjau  Pos Pengamaman (Pos Pam)  Lebaran  th 2012. Pospam yang ditinjau meliputi Pospam Pringsurat, Parakan dan Pos Polisi Kledung .
     Bupati Hasyim mengatakan, peninjauan dilaksanakan guna mengetahui secara langsung dilapangan tentang kesiapan petugas maupun sarana prasarana pendukung dalam mengamankan lebaran. Diharapkan dengan  adanya Pospam  maka perayaan  Lebaran  tahun ini  utamanya arus lalulintas dapat berjalan tertib, aman dan lancar.
     “Setelah melihat langsung dilapangan, nampaknya baik petugas, sarana parasarana sudah siap untuk melaksanakan pengamanan Lebaran. Dengan demikian kondusifitas tetap bisa terjaga guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam berlebaran “ ujarnya.
     Kapolres Temanggung AKBP Susilo wardono menjelaskan untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dan masyarakat yang sedang menikmati hari lebaran maka dibentuk Posko Pengamanan yang melibatkan personil dari Polres Temanggung,  TNI, Satpol PP, PMI, RAPI dan ORARI. Diutarakan  Posko Pengamanan yang dibentuk meliputi Pospam 1 Nglarangan Pringsurat, Pospam 2 Pasar Kliwon Temanggung, Pospam 3 depan RSK Parakan  dan Pospam 4 Pasar Wage Ngadirejo.
     “Dalam merayakan Lebaran saya himbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan masing-masing dan yang berkendaraan bermotor hendaknya mematuhi tata tertib lalu litas, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman “  harapnya seraya menambahkan  Personil Pengamananyang dilibatkan sebanyak 435 Orang dibantu  TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.
     Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sigit  Suliantono dikantornya menjelaskan , guna mendukung kelancaran transportasi pihaknya sidah menyiapkan 1059 kendaraan angkutan Lebaran . Kendaran tersebut terdiri dari  AKDP kecil 16 seat sebanyak 245 unit, AKDP sedang 27 seat sebanyak 94 unit, AKDP besar  56 seat sebanyak 17 unit, AKAP besar 56 seat sebanyak 72 unit, Bus pariwisata sedang  27 seat 7 unit, Bus pariwisata besar 56 seat 63 unit dan  ANGKUDES 12 seat sebanyak 561 unit.
     Sedang jumlah kendaraan dan penumpang Lebaran selama arus mudik maupun arus balik diperkirakan  di terminal Induk Temanggung kendaraan datang  172 unit, penumpang naik 3.450 orang, kendaraan beragkat 172 dan penumpang turun 1.150 orang. Di terminal Parakan kendaraan datang  126 unit, penumpang naik 57 orang, kendaraan berangkat 126 dan penumpang turun 42 orang. Di terminal Ngadirejo kendaraan datang  241 unit, penumpang naik 34 orang, kendaraan berangkat 241 dan penumpang turun 5 orang.
     Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dr. Suparjo   mengatakan, guna mendukung pengamanan Lebaran pihaknya telah melaksanakan pemantauan makanan dan minuman secara koordinatif dengan SKPD terkait. Piket jaga di Puskesmas pada H-7 sampai dengan H+7. Untuk Puskesmas Rawat Inap Bejen, Ngadirejo dan Pringsurat, UGD siaga 24 Jam dengan setiap shift ada dokter. Selain itu juga mewaspadai apabila terjadi KLB dengan menyiapkan penangannya.
     Khusus Puskesmas jalur mudik lebaran juga siaga selama jam kerja yaitu Puskesmas Candiroto, Parakan, Kedu, Pare, Kranggan, Temanggung, Kledung, Kaloran, dan Bulu. Untuk Puskesmas Bejen, Ngadirejo, Temanggung dan Pringsurat ikut bergabung dalam Posko Terpadu Polres serta menyiapkan dokter jaga dan apotik jaga.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait