Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DI JUMO DIBANGUN BENDUNG 4,5 MILIAR

Kamis, 30 Agustus 2012 Umum
TEMANGGUNG, Pada tahun 212 ini Pemerintah pusat  bakal segera membangun bendung Progo Pistan senilai Rp. 4,5 miliar di Desa Jumo Kecamatan Jumo. Bendungan tersebut nantinya bermanfaat untuk mengairi sawah seluas 1.115 hektar guna menunjang program ketahanan pangan nasional.
    Hal itu dikemukakan Kabag Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Temanggung Supangkat selaku ketua tim sosialisasi pembangunan bendung Progo Pistan  pada acara sosialisasi dibalai Desa Jumo Rabu  (29/8). Hadir dalam acara tersebut pejabat Balai Besar Sungai  Serayu Opak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kabag Pembanguna dan pejabat terkait serta diikuti segenap warga masyarakat.
    Dia mengungkapkan, rencana pembangunan bendungan tersebut sudah berulang kali diusulkan  dalam forum musrenbang namun selalu kandas. Baru tahun ini mendapatkan persetujuan dari pemeritah pusat yang siap mengucurkan anggaran pembangunannya Rp. 4,5 miliar. Lokasi proyek berada di dusun Jagalan desa jumo kecamatan jumo memanfaatkan aliran air sungai progo.
    Menurutnya pembangunan bendungan Progo Pistan dalam waktu dekat ini akan segera dimulai setelah proses pembebasan lahan milik 9 warga seluas 7.500 meter   selesai. Diperkirakan sampai akhir Nopember nanti seluruh  proyek pembangunan fisik bendungan sudah selesai.Oleh karena itu diharapkan peran serta dan dukungan segenap warga masayarakat sekitar agar pelaksanaan pembangunannya dapat berjalan lancar sesuai perencanaan.
    “Pembangunan  bendung Progo Pistan sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Balai Besar Sungai  Serayu Opak dengan alokasi anggaran Rp. 4,5 milar. Sedang Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Temanggung  menangani dan membiayai pembebasan lahan dengan prosentase 75 % Provinsi dan 25 % Kabupaten“ tandasnya.
    Pejabat Balai Besar Sungai  Serayu Opak Suradi menjelaskan, proyek pembangunan bendung ogo Pistan dibagi dua tahap. Untuk tahap pertama tahun angggaran 2012 menggarap  proyek fisik bangunan bendungan dan tahun anggaran 2013 menggarap jaringan irigasinya sepanjang 12 km. Diutarakan untuk fisik bentangan  bangunan bendung sepanjang 12 meter  dan diatasnya nanti bakal dibangun jembatan  jalan usaha tani. Luasan bangunan sekitar 10 hektar  untuk menampung air sungai progo guna mengairi areal persawahan 1.115 hektar.
    “Dalam proyek ini kita dibatasai waktu  paling lambat  akhir Nopember sudah selesai. Oleh karena itu agar pembangunnya bisa cepat akan dikerahan peralatan berat dua unit ekskavator” jelasnya seraya meminta doa restu dan dukungan  warga sekitar  supaya sukses. 
           Camat Jumo SFK Kuncoro mengutarakan menyambut positif dibangunnya bendung Progo Pistan  yang sudah lama didambakan masyarakat. Bendungan tersebut  nantinya sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan air irigasi pertanian tidak saja di Kecamatan Jumo namun juga sampai Kecamatan Kandangan. Diharapkan pada saatnya nanti dengan terpenuhinya air irigasi, maka budidaya berbagai komoditas pertanian seperti padi maupun hortikultura tumbuh subur. Dengan demikian produksinya meningkat sehingga  petani hidupnya lebih sejahtera.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait