Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RELOKASI DUSUN BLAWONG WETAN SELESAI

Kamis, 06 September 2012 Bencana
TEMANGGUNG, Dusun Blawong Wetan Desa Muncar secara Topografi merupakan daerah yang berbukit-bukit dengan setruktur tanah yang mudah bergerak sehingga warga setempat merasa tidak nyaman dan tidak aman, merasa was-was manakala sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor, sekarang sudah merasa tenang, aman dan nyaman.
      Rabu, 5 Sembtember 2012, kemarin Bupati Temanggung, Drs. Hasyim Afandi secara resmi meresmikan Rumah Huni Tetap warga Dusun Blawong Wetan Desa Muncar Kecamatan Gemawang, peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Temanggung, dan kunjungan ke Ruhuntap.
      Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Drs, Bambang Arochman, MM, Beserta Jajarannya, Kepala SKPD, Para Camat, Kepala Desa se- Kec. Gemawang, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, dan Masyarakat Mlawong Wetan.     
      Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung dalam laporannya mengatakan, jumlah rumah huni tetap sesuai alokasi dana yang tersedia adalah 114 unit rumah, namun atas kesadaran dan kebersamaan warga yang derelokasi, dapat dikembangkan menjadi 115 unit rumah, sehingga warga yang direlokasi saat ini sudah mencapai 100 % menempati Rumah huni tetap.
      Pembiyayaan RUHUNTAP ini bersumber dari DIPA APBN BNPB Tahun 2011, APBD Kabupaten Temanggung Tahun 2011 dan Tahun 2012 ditambah dengan Swadaya Masyarat. Dengan dilaksanakan secara Swakelola dimulai tanggal 23 Februari sampai dengan 22 Juni 2012.
      Disampaiakn juga pelaksanaan pembangunan ruhuntap ini menghadapi kendala dalam pembangunan curah hujan yang tinggi, sarana jalan menuju lokasi yang saat itu belum dapat dilewati kendaraan roda empat, lokasi yang belum siap dibangung karena harus dengan pemerataan.
      Perkampungan baru ini memang belum sempurna, dengan belum adannya beberapa fasilitas umum yang belum terpenuhi antara lain tempat ibadah, sarana air bersih, pembanggunan saluran listrik, untuk itu berharap kepada Bupati untuk segera bisa tercukupi.
      Bupati Temanggung, dalam sambutannya menyampaikan sangat gembira setelah beberapa melalui proses yang tidak mudah akirnya impian Pemerintah Daerah dan  warga dusun Blawong Wetan bisa terwujud,
      Bupati mengatakan selama ini selalu merasa tidak tenang bila terjadi hujan dikabupaten Temanggung. Memikirkan keberadaan masyarakat kabupaten Temanggung yang berada di daerah perbukitan apalagi keberadaan masyarakat Dusun Blawong Wetan yang berada di bawah tebing yang sudah terancam tertimpa tanah longsor.
      Untuk itu Bupati berharap dengan selesainya Pembangunan Rumah Huni Tetap ini masyarakat bisa lebih tenang, nyaman, dan aman, tidak perlu takut karena keberaan Runhuntap ini berada dilokasi yang lebih bagus ditambah dengan panorama pemandangan yang indah, untuk itu dusun baru ini diberinama Dusun Rejo Sari.
      Bupati Menambahkan dalam suasana yang masih lebaran ini mari kita buka kehidupan baru,dan bersih di tempat tinggal baru.
      Menurut Suparno Warga setempat mengatakan sangan berterimakasih kepada Pemkab yang telah berjuang demi keselamatan Masyarakat Dusun Blawong Wetan Desa Muncar karena sekarang masyarakat sudah tidak merasa ketakutan lagi.
      Suparno menambahkan sudah 2 bulan menempati Runhuntap, dengan beradanya didusun yang baru masyarakat lebih senang karena masyarakat lebih mudah mendapatkan sarana air bersih, tuturnya”.(Humas12/Paul).

Berita Terkait