Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DEWAN PENGAWAS DAN DEWAN DIREKSI LPPL RADIO ERTE FM SEGERA DIBENTUK

Kamis, 06 September 2012 Umum
TEMANGGUNG, Menindak lanjuti Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung nomor 5 Tahun 2009 tentang Pembentukan LPPL Radio eRTe FM, Pemkab akan segera membentuk Dewan Pengawas dan Dewan Direksi . Berdasarkan Perda tersebut Dewan Pengawas dipilih oleh DPRD setempat yang terdiri dari tiga unsur yakni unsur pemerintah,  tokoh masyarakat dan komunitas penyiaran.
    Kepala Bagian Humas Drs. Witarso SP, MM mengatakan, saat ini calon anggota Dewan Pengawas tengah digodog oleh DPRD Kabupaten Temanggung melalui Komisi A. DPRD akan menetapkan tiga nama dari calon yang diajukan dari masing-masing unsur dan selanjutnya akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Temanggung.
    Witarso menambahkan, saat ini Pemkab Temanggung telah membentuk LPP Lokal radio eRTe FM melalui peraturan daerah yang telah disahkan DPRD beberapa waktu lalu. Menyinggung masalah perijinan, ia menguatarakan, pihaknya telah mngajukan perijinan LPPL radio melalui mekanisme yang telah ditetapkan kepada menteri melalui KPID Semarang.
    Tahapan yang tengah dilakukan LPPL radio eRTe FM  saat ini dalam perijinan adalah pra Forum Rapat Bersama (FRB). FRB akan berlangsung di Jakarta yang akan dilakukan oleh KPI Pusat dan KPID untuk memutuskan persetujuan perijinan dan frekuensi. Sebelumnya, KPID Semarang telah melakukan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, monitor, DPRD dan wakil pemerintah setempat.
    Sementara itu ketika menerima kunjungan anggota DPRD dan pimpinan SKPD Kabupaten Wonogiri, Witarso mengemukakan, keberadaan LPP Lokal radio harus memiliki cirri khas kelokalan untuk membedakan dengan radio lainnya. Radio eRTe FM yang saat ini masih dikelola dibawah Bagian Humas menyajikan beberapa program siaran yang berciri khas kelokalan. Diantaranya siaran live keroncong, wayang kulit, dan band indi. Selain itu juga disajikan informasi berupa berita yang terkait dengan kondisi terkini di Kabupaten Temanggung.
    Ketua rombongan yang juga Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri mengatakan, saat ini kebutuhan informasi sangat penting dan menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat. Karena itu keberadaan radio menjadi fungsi yang sangat strategis di tengah-tengah masyarakat globalisasi. Untuk itu sudah menjadi keharusan bagi pemerintah untuk terus mempertahankan dan mengembangkan radio LPP Lokal yang dulu bernama RSPD. (Hms12/arbai)

Berita Terkait