Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PMI PERINGATI HUT KE-67

Selasa, 18 September 2012 Sosial
TEMANGGUNG, PMI Cabang Temanggung mencanangkan dimulainya penggalangan dana masyarakat untuk pengadaan bantuan air bersih. Selain penggalangan dana, PMI sekaligus juga akan memulai menyalurkan bantuan tersebut kepada warga di daerah-daerah di Kabupaten Temanggung yang kesulitan air bersih, pada musim kemarau ini.
    Pencanangan bantuan tersebut tersebut dinyatakan Ketua PMI Kabupaten Temanggung, Bambang Dewantoro, dalam  acara peringatan HUT PMI ke-67 sekaligus temu donor darah dan seminar, yang digelar di Pendapa Pengayoman, kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Budiarto, segenap pengurus PMI Kabupaten dan Kecamatan, koordinator pos donor darah, perwakilan pendonor, sukarelawan/PMR, dan dinas/instansi terkait di Pemkab.
    ''Pada peringatan HUT PMI kali ini, sekaligus kami mencanangkan penggalangan dana untuk sumbangan kemanusiaan berupa air bersih bagi saudara-saudara kita yang di musim kemarau ini mengalami kesulitan air bersih,'' tandas Bambang.
    Diungkapkannya, air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi keberlangsungan hidup manusia, bahkan tidak kalah penting, dengan sumbangan darah bagi sesama ketika membutuhkannya. Karena itu, kepedulian membantu air bersih ini juga sangat bermakna bagi kemanusiaan.
    ''Kendati kami baru mencanangkan, namun saat ini sudah banyak donatur yang menyumbangkan dana untuk operasional pengadaan air bersih melalui rekening PMI, kira-kira dana itu cukup untuk pengadaaan sekitar 100 tangki air bersih,'' ujarnya.
    Bambang juga mengatakan, biaya operasional pengadaan 1 tangki air adalah Rp 175 ribu. Pada musim kemarau 2011 lalu, PMI berhasil menyalurkan bantuan 160 tangki air ke desa-desa yang warganya kesulitan air bersih.
    ''Kami menucapkan terima kasih, atas kepercayaan yang besar dari para donatur kepada PMI, untuk menyalurkan bantuan air bersih itu,'' tuturnya.
    Ketua Panitia Kegiatan, dr Agus Winarno, yang juga Kepala Unit Donor Darah PMI, mengatakan, resepsi peringatan HUT PMI ini, sekaligus juga ajang temu donor darah, halalbihalal, dan pembubaran kontingen jumpa bhakti gembira (Jumbara) PMI tahun 2012 di Kebumen. Dalam Jumbara tersebut, kontingen Temanggung meraih juara pertama.
    ''Dalam kesempatan ini, PMI juga menyerahkan penghargaan kepada 188 warga yang telah 25 kali donor darah,''jelasnya.
    Sementara itu, seminar bertema ''Darah Untuk Kehidupan'' seusai respsi tersebut disampaikan ahli patologi klinis, dr M Wahyudi, SpPK, dari RS Tidar Magelang.
    Sementara  wakil Bupati Temanggung Ir.  Budiarto, MT,  dalam sambutanya meminta, agar PMI tetap menjadi organisasi sosial non pemerintah. Sehingga, PMI tetap independen, fleksibel dan dinamis, serta tidak terkungkung birokrasi yang terkadang tidak bisa cepat dan responsif terhadap persoalan atau perkembangan yang muncul.
    ''Selain itu, benahi terus sistem, prosedur dan manajemen PMI, agar benar-benar menjadi organisasi modern dan profesional,'' pintanya.(Hms12/Paul)

Berita Terkait