Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DESA KEKERINGAN BERTAMBAH

Jumat, 21 September 2012 Bencana
TEMANGGUNG, Pada musim kemarau tahun ini Desa yang mengalami krisis air bersih di Kabupaten Temanggung, terus bertambah. Jika sebelumnya hanya 42 dusun di 18 desa, ini bertambah menjadi 45 dusun, 19 desa.
    Kasi Penanganan Darurat Bencana dan Logistik, badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Eko Suprapto, di kantornya  Kamis ( 20/9) mengatakan sebelum Lebaran daerah krisis air bersih melanda 42 dusun di 18 desa yang tersebar di enam kecamatan, yakni Gemawang, Bulu, Jumo, Kandangan, Kaloran, dan Kranggan.Namun setelah Lebaran, daerah krisis air bersih bertambah tiga dusun di Desa Sidoarjo, Kecamatan Candiroto, sehingga menjadi 45 dusun, 19 desa, di tujuh kecamatan.
    Menurutnya kekeringan di Desa Sidoarjo sudah dilaporkan dan BPBD sudah melakukan survei. Bantuan air bersih sudah  disalurkan beberapa hari lalu. Sedangkan di daerah lainnya yang sudah mengalami kekeringan lebih lama, bantuan air bersih terus dilakukan secara berkala.
    Sementara itu ratusan warga dusun Bendomoro Desa Kemloko, Kecamatan Kranggan, harus mengantre di sejumlah bak penampungan di dusun tersebut untuk mendapatkan air bersih bantuan dari Pemkab
        Kadus Bendomoro, Ribut, mengatakan pada kemarau ini air sumur dan sumber air sudah kering. Untuk mencukupi sangat tergantung bantuan air bersih dari pemkab.kekeringan semakin menjadi dalam tiga bulan terakhir. Kemarau tahun ini lebih parah dibanding tahun lalu. Kini setiap tiga hari Pemkab menyalurkan dua tangki, yakni untuk dusun Bendomoro atas dan bawah.(Hms12/ Edy Laks ).

Berita Terkait