Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BIRO HUMAS GELAR DIALOG KOPERASI

Jumat, 21 September 2012 Umum
TEMANGGUNG, Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah menggelar dialog  peningkatan dan penguatan koperasi di Jawa Tengah. Acara tersebut berlangsung di  loka bakti praja setda kabupaten Temanggung Kamis (20/9) diikuti   peserta dari Kabupaten/kota se  eks Karesidenan Semarang dan Kedu .
    Wihayat Mintono, SH dari Biro Humas Prov Jateng menjelaskan, dialog  mengusung tema  peningkatan dan penguatan koperasi (KUD) guna lebih meningkatkan  kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah.  Hal tu ujanya selaras dengan visi misi  Bali Ndeso Mbangun Deso yakni  gerakan moral  untuk memberdayakan masyarakat desa agar mampu  mengelola potensi sumber daya pembangunan yang tersedia di pedesaan. Diutarakan  untuk mewujudkan kemandirian  ekonomi di Jawa Tengah membutuhkan dukungan segenap elemen masyarakat. Salah satu elemen penting mendukung upaya tersebut  adalah peran nyata  koperasi sebagai soko guru perekonomian  kerakyatan. Hal itu menjadi  sandaran dan tumpuan  kehidupan perekonomian masyarakat perdesaan.
    “Sampai Juni 2012 di Jateng terdapat 26.347 unit koperasi, yang aktif 20.643 tidak aktif 5.704  dengan jumlah anggota  mencapai 5.209.472 orang. Selain itu juga tercatat 5.820 KUD dinyatakan mati suri tidak ada aktifitas“ jelasnya.
    Dia mengungkapkan,  kondisi KUD yang mati suri  disebabkan kurang mampu bersaing dengan unit usaha lain yang disebabkan rendahnya motivasi dan kapasitas  manajerial pengelola. Selain itu pengelola koperasi yang tidak kompeten tidak mampu mengatisipasi perubahan, meninggalnya pengurus  dan terputusnya regenerasi.
    Menurutnya,  untuk mengatasi hal itu  perlu dukungan pengurus yang kompeten dan kebijakan pemerintah  yang berpihak pada ekonomi rakyat  akan membuat koperasi-koperasi di Jawa Tengah mampu hidup lagi  mengembangkan unit usahanya. Disisi lan perlu revitalisasi peran koperasi untuk menjawab tantangan perubahan adalah keniscayaan  yang harus dilakukan.
        Dalam dialog yang berlangsung sehari itu meghadirkan nara sumber  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. Kepala Pusat KUD (PUSKUD) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Bank Bukopin Semarang dan Ketua KUD Makmur Jumo Kabupaten Temanggung.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait