Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KODIM 0706 SIAGAKAN 1 SST ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN

Jumat, 21 September 2012 Umum
TEMANGGUNG, Semua lapisan masyarakat berkewajiban untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi kebakaran, dalam hal ini pencegahan dapat dilakukan dengan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan sehingga masyarakat akan berhati-hati dalam berperilaku dihutan dari hal yang paling sepele seperti membuang puntung rokok sembarangan, membuat arang dihutan tanpa memperhatikan keamanan dan tindakan lain yang dapat menyebabkan  kebakaran.
     Hal tersebut disampaikan oleh Pasiter Kodim 0706/Temanggung Kapten Arm Muhaimin yang membawakan materi Penanggulangan , pencegahan kebakaran dan bencana alam dalam acara pelatihan Tehnis Managerial kelompok Tani kegiatan pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR)  Th.2012 di Balai Desa Muntung Kec.Ngadirejo yang diselnggarakan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten  Temanggung.
     Dalam kesempatan tersebut Kapten Arm Muhaimin juga menyampaikan, dalam mengantisipasi kebakaran dan bencana alam, Kodim 0706/Temanggung telah menyiagakan 1 SST Setiap Saat Siap Bergerak untuk membantu penanganan kebakaran dan bencana alam, menghimbau apabila mengetahui atau menjumpai ada oknum masyarakat yang dengan sengaja membakar hutan maka segera di laporkan kepada pihak yang berwajib, tandasnya.
     Kasi Pengembangan dan pelestarian hutan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten  Temanggung Bp. Pardi, ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 18 sampai dengan 19 September yang diikuti oleh 34 kelompok tani KBR dari Kec.Bejen, Tretep, Candiroto, Wonoboyo, Parakan dan Bansari, masing-masing kelompok mengirimkan 3 perwakilannya.
     Adapun materi yang disampaikan antara lain Kebijakan pengembangan kehutanan, Pembuatan laporan usaha kegiatan kelompok, Rehabilitasi hutan dan konservasi tanah lahan, Tehnis pembuatan bibit rakyat, administrasi Kelompok tani dan rencana penanaman bibit KBR serta Penanggulangan , pencegahan kebakaran dan bencana alam.
     Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberdayakan kelompok tani KBR sehingga dapat berperan membuat bibit sendiri untuk diberikan kepada masyarakat, dengan adanya kegiatan tersebut berharap masyarakat lebih waspada dan dapat mengantisipasi kebakaran hutan, pungkasnya.(Hms12/Paul).

Berita Terkait