Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PROGRAM E-KTP SERENTAK BERAKHIR,TEREKAM 88,48 % PENDAFTAR

Rabu, 26 September 2012 Umum
TEMANGGUNG, Program e-KTP yang dilakukan secara serentak oleh Pemkab Temanggung telah berakhir pada tanggal 19 September 2012 dengan jumlah pendaftar e-KTP yang terdata sebanyak 503.841 orang. Sementara itu jumlah wajib e-KTP berdasarkan data yang sudah masuk sebanyak 569.527 orang sehingga wajib e-KTP yang sudah melakukan perekaman di kecamatan sebanyak 88,48%.
     Kepala Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Drs. Agus Wahyudi mengatakan, meski program e-KTP secara serentak telah berakhir, masyarakat masih bisa melakukan pendaftaran dan perekaman di kecamatan pada jam kerja. Masyarakat akan dilayani sebagaimana mestinya seperti pemotretan wajah, sidik jari, iris mata dan tanda tangan.
     Demikian dikatakannya saat acara pelepasan tenaga operator outsourcing e-KTP di Kabupaten Temanggung yang berjumlah 40 orang. Dari jumlah itu disebar di 20 kecamatan, masing-masing kecamatan berjumlah 2 orang. Tenaga outsourcing tersebut direkrut selama 6 bulan sejak bulan Maret 2012 dan berakhir pada tanggal 19 September lalu.
     Acara pelepasan ini ditandai dengan pemberian sertifikat oleh Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi kepada dua orang perwakilan dari tenaga outsourcing. Acara yang berlangsung Selasa (25/9)bertempat di ruang Loka Bhakti Praja komplek kantor Setda Temanggung tersebut dihadiri oleh para Camat dan pejabat terkait.
     Agus Wahyudi menambahkan, pelaksanaan program e-KTP selain dilakukan di kecamatan juga dilakukan secara mobile bagi masyarakat yang sakit dan jompo. Selain itu juga dilakukan secara mobile di Lembaga Pemasyarakatan Temanggung kepada para narapidana. Program e-KTP mobile ini mampu menjaring pendaftar sebanyak 808 orang.
     Data dari hasil perekaman e-KTP yang dilakukan selama enam bulan tersebut kini sudah dikirim ke Jakarta untuk dilakukan proses pembuatan kartu e-KTP. Pada saatnya nanti kartu e-KTP akan dikirim ke Temanggung melalui masing-masing kecamatan. Namun, agus Wahyudi mengingatkan, agar kartu e-KTP yang dikirim untuk tidak diberikan ke warga dahulu karena harus diferifikasi ulang oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil .
     “Setelah tidak ada kesalahan dalam penulisan data pada kartu e-KTP maka baru dapat diberikan ke pemiliknya,” ujar Agus Wahyudi.
     Sementara itu Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mengucapkan terimakasih kepada tenaga operator outsourcing yang telah bekerja dengan baik. Bupati menilai, para tenaga outsourcing ini telah menunjukkan dedikasi yang baik dan telah mampu menyelesaikan semua pekerjaan secara maksimal. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan penghargan yang setinggi-tingginya.
     Menurut Bupati, hasil dari perekaman data e-KTP ini akan memiliki manfaat yang banyak   terutama  menyangkut pendaftaran pemilih pada pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung tahun depan. Melalui pendataan yang akurat sudah tidak dapat dijumpai lagi pemilih ganda sehingga Pilkada akan berlasung lebih baik dari sebelumnya. (Hms12/Arbai)

Berita Terkait