Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GUBERNUR SERAHKAN 500 SERTIFIKAT PROGRAM PRONA

Kamis, 18 Oktober 2012 Umum
TEMANGGUNG, Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo, secara simbolis menyerahkan 500 Sertifikat hak atas tanah hasil dari kegiatan Prona tahun 2012 kepada masyarakat Kabupaten Temanggung serta sertifikat wakaf dan sertifikat hak tanggung dengan pemegang hak tanggungan PT. Bank Jateng Cabang Temanggung, selasa (9/10) kemarin, di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung.
       Hadir dalam acara tersebut Pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bupati Temanggung, Drs. Hasyim Afandi, Wakil Bupati Temanggung, Ir. Budiarto, MT, Kepala DPRD Temanggung Drs. Bambang Sukarno, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Temanggung (FKPD), Sekda Temanggung, Drs. Bambang Arochman, MM. Jajaran pimpinan SKPD serta Masyarakat penerima sertifikat Prona.
       Kepala Kantor wilayah  BPN Provinsi Jawa Tengah Ir. Djoko Dwi Tjiptanto dalam laporannya menyampaikan, Penyerahan sertifikat kepada masyarakat Kabupaten Temanggung merupakan kegiatan kedua kalinya pada hari ini setelah pagi tadi acara yang sama dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo. Sebelumnya acara penyerahan sertifikat juga telah dilaksanakan di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Pemalang.
       Kabupaten Temanggung di Tahun 2012 adalah salahsatu dari 32 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang telah ditetapkan sebagai lokasi kegiatan prona dengan alokasi targetnya cukup besar yaitu sebanyak 9.000 bidang yang dilaksanakan di 47 desa, 13 Kecamatan.
       Dari target 9000 bidang tersebut telah diselesaikan sebanyak 2500 bidang sertifikat hak atas tanah, yang mana sebagian dari 2500 bidang tersebut telah diserahkan kepada warga masyarakat sebanyak 2000 bidang dalam  rangka kegiatan hari ulang tahun Undang-Undang Pokok Agraria pada bulan September 2012 Kemarin. Pada kesempatan yang berbahagia ini telah hadir untauk menerima sertifikat hak atas tanah dalam kegiatan Prona tahun 2012.
       “sesuai data pertanahan dari jumlah bidang tanah yang ada di Kabaupaten Temanggung sebanyak 526.673 bidang hingga akhir September 2012 baru 34,71 % atau sekitar 182.810 bidang tanah yang telah bersertifikat. Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah bidang tanah yang terdaftar, atas upaya berbagai pihak pada tahun 2012 di Kabupaten Temanggung tidak hanya mendapatkan alokasi kegiatan Prona dalam rangka percepatan pensertifikatan tanah dalam program lintas sector yaitu sertifikat tanah petani 300 bidang, UKM 100 bidang, MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) 100 bidang, Redistribusi tanah 150 bidang, dengan anggaran APBN, ungkapnya.
       Bupati Temanggung dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kepada Badan Pertanahan Nasional, sekarang masyarakat sudah mendapatkan kepastian mudah-mudahan dengan kepastian ini tentunya masyarakat akan menjadi tentram dan tentunya dengan kepastian kinerja kita juga akan terukur.
       Sementara pada kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah menyatakan, penyerahan sertifikat massal merupakan bentuk kepeduliaan pemerintah yang secara legalitas untuk kepastian hukum agar kepemilikan tanah semakin tertib.
       Melalui sertifikat masyarakat dapat lebih memberdayakan tanah milikinya untuk mengoptimalkan kegiatan pertanian, terutama dalam rangka penguatan ketahanan pangan.”ungkapnya.(Hms12/Paul).

Berita Terkait