Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TEMANGGUNG PERINGATI HARI PRAMUKA KE 51

Senin, 22 Oktober 2012 Pendidikan
“Gerakan  Pramuka  Bentuk Karakter  Handa “

TEMANGGUNG, Gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman. Walaupun era globalisasi itu penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat.
     Hal itu dikemukakan Gu bernur selaku Ketua Majelis  Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah  Bibit Waluyo  dalam  sambutan tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara Bupati Hasyim Afandi pada upacara peringatan  Hari Pramuka ke 51  Sabtu kemarin (20/10) di alun-alun kota Temanggung.  Semestinya upacara tersebut  diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus lalu, namun karena  bersamaan dengan bulan puasa sehingga ditunda. Hadir dalam  acara tersebut  pejabat FKPD, pimpinan SKPD dan dikuti  segenap anggota pramuka  mulai tingkat SD hingga SLTA. 
     “Semoga peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang baik, serta sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan” tandasnya. Oleh karena itu sangatlah tepat tema peringatan Hari Pramuka ke 51 ini yakni  “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan Karakter Kaum Muda”. Dengan tema tersebut secara optimis Gerakan Pramuka akan berupaya untuk mandiri yang pada gilirannya akan mempercepat keberhasilan pembentukan karakter kaum muda Indonesia dalam rangka menyongsong Indonesia menjadi lebih baik.
     Menurut Bibit Waluyo Revitalisasi Gerakan Pramuka, yang merupakan salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda di Indonesia, telah berjalan selama enam tahun. Revitalisasi yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali Gugusdepan sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka, untuk memantapkan eksistensi Gerakan Pramuka serta untuk meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka, dalam enam tahun ini telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan.
     Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, revitalisasi Gerakan Pramuka telah menghasilkan perubahan cara pandang masyarakat terhadap Pramuka. Gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda dan peningkatan kecakapan hidup kaum muda, yang keduanya penting untuk menghadapi tantangan masa depan, sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional dan global.
     “Undang-Undang Gerakan Pramuka pasal 11 menyebutkan bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai Gerakan Pramuka dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup” ujarnya seraya menambahkan   pentingnya penghayatan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka bagi segenap anggota Pramuka.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait