Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JATENG MENJADI PENYANGGA KETAHANAN PANGAN

Selasa, 30 Oktober 2012 Ketahanan Pangan
TEMANGGUNG,  Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan Provinsi Jawa Tengah ditugasi menjadi penyangga ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu diharapkan kepada para petani semangat dalam bertani sehingga ketersediaan  pangan  senantiasa terjaga.
     Permintaan itu disampaikan gubernur pada acara temu wicara pertanian di Sub Terminal Agro Wisata dan Agri Bisnis Soropadan Pringsurat Rabu (24/10). Hadir dalam acara tersebut Kepala Bakorlin II, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dan pejabat terkait serta diikuti  24 Kabupaten/ Kota.Temu wicara ditandai dengan panen perdana waluh merah
     “Selama ini  budidaya tanaman padi  terus  berkembang mengalami peingkatan guna menghasilkan beras. Sampai saat ini  produksi beras  surplus 3 juta ton  hal ini sungguh menggembirakan” ujarnya  seraya meminta para petani menamam padi benih unggul agar produksinya banyak.
     Disamping itu Gubernur meminta  petani menanam orok-orok untuk menyuburkan  tanah dan membasmi walang sangit. Kelembagaan petani juga diperkuat supaya  lebih berdaya guna memantapkan ketahanan pangan nasional.
     Prof  Mawoto dari Balai KABI Malang Jawa Timur  mengatakan , untuk menjaga kesuburan tanah petani diminta menggunakan pupuk organik. Sebab jika terus menerus menggunakan pupuk nonorganik/ kimia menyebabkan tanah menjadi  bantat dan tidak subur. Untuk lebih memberdayakan  ekonomi kerakyatan lanjutnya  ditempuh dengan intensifikasi pertanian utamanya tanaman hortikultura. Komoditas itu diantaranya  kacang-kacangan  seperti koro pedang dan pisang raja bulu yang bernilai ekonomi tinggi.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait