Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TEMANGGUNG PERINGATI HARI JADI KE 178

Rabu, 31 Oktober 2012 Umum
TEMANGGUNG, Pada tahun 2013  ini  Kabupaten Temanggung akan memasuki usianya yang  ke 178 , bersamaan dengan Peringatan Hari Pahlawan ke 67 pada 10 November 2012. Serangkaian agenda kegiatan sudah dipersiapkan oleh panitia dan masyarakat.
     Kepala Bagian  Hubungan Masyarakat Setda Kab Temanggung Drs. Witarso Saptono Putro, MM selaku ketua Seksi Publikasi dan Dokumentasi  Peringatan Hari Pahlawan ke 67 dan Hari Jadi ke 178 Kabupaten Temanggung mengatakan peringatan Hari Jadi ke 178 mengambil tema “ Dengan semangat hari jadi  ke 178 Kabupaten Temanggung kita perkuat rasa  persaudaraan antar komponen masyarakat”.
     Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan, antara lain : Kejuaran Renang Tingkat Provinsi (KRAPDA) tanggal 24-25 Nopember 2012 di Pikatan Water Park, Donor Darah tanggal 7 Nopember 2012 di pendopo jenar, Festival Budaya (Kesenian Tradisional dan Kuliner) tanggal 4 Nopember 2012 dari Pertigaan subur sampai BRI Pandean, Pertandingan Voli Pelajar Tingkat SMA/K tanggal 7-10 November 2012 di Stadion Bhumi Phala, Invitasi Sepak Bola Karyawan Unsur Muspida dan Organisasi 7-9 November 2012 di Stadion Bhumi Phala. Sedang  tahlil dan penggantian songsong  makam Bupati Joyonegoro dilaksanakan tanggal 9 Nopember 2012 di pendopo pengayoman dan di kompleks masjid Agung Darussalam. Untuk  upacara  hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2012 di alun-alun Temanggung dilanjutkan  ziarah nasional dan tabor bunga di  Taman Makam Pahlawan Prayudha  Mudal dan Kali Progo.
     “Disamping itu juga digelar  aneka lomba dan kejuaraan seperti lomba  kucing, lomba PBB SMP/Mts,lomba lukis,  kejuaraan bridge,  bulu tangkis, parade  Drum Band, bola basket pelajar, balap sepeda, tennis meja, binaraga dan body contest dan gebyar TPQ serta festival keroncong” ujarnya seraya menambahkan untuk resepsi tanggal 21 Nopember 2012 di Graha Bhumi Phala.
     Berkaitan hal itu diharapkan masyarakat dapat mengetahui, menonton, menyaksikan, berperan serta dan mendukung acara/kegiatan tersebut, sehingga berjalan secara hikmad dan meriah.

Sekilas Sejarah Temanggung

     Atas dasar usulan Raden Tumenggung Aria Djojonegoro, lewat Residen Kedu kepada Pemerintah Hindia Belanda di Batavia, maka disetujui dan ditetapkan bahwa nama Kabupaten Menoreh berubah menjadi Kabupaten Temanggung. Persetujuan ini berbentuk Resolusi Pemerintah Hindia Belanda Nomor 4 Tanggal 10 Nopember 1834.
     Mempertimbangkan bahwa Hari Jadi Daerah merupakan awal perjalanan sejarah, agar diketahui semua lapisan masyarakat, untuk meningkatkan semangat pembangunan dan pengembangan daerah, maka Pemerintah Kabupaten Dati II Temanggung menugaskan kepada DPD II KNPI Kabupaten Temanggung untuk mengadakan pelacakan sejarah dan seminar tentang Hari Jadi Kabupaten Temanggung. Dari hasil seminar tanggal 21 Oktober 1985, yang diikuti oleh Sejarawan, Budayawan dan Tokoh Masyarakat, ABRI, Rokhaniwan, Dinas/Instansi/Lembaga Masyarakat dan lain-lainnya, maka ditetapkan bahwa tanggal 10 Nopember 1834 sebagai Hari Jadi Kabupaten Temanggung yang bertepatan pula dengan Hari Pahlawan.(Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait