Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEHIDUPAN BERAGAMA ADEM AYEM

Sabtu, 24 November 2012 Keagamaan
TEMANGGUNG,  Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menegaskan bahwa kehidupan beragama  selama ini berlangsung  sejuk adem ayem  dan bertoleransi tinggi . Hal itu terwujud berkat  kesadaran antar umat beragama saling hormat menghormati dan selalu mengedepankan dialog bila ada persoalan  melalui pendekaan kerukunan.
     Penegasan  itu disampaikan  Bupati  saat menerima kunjungan  Helary Dower dari kedutaan Amerika Serikat  Rabu kemarin (24/10) di  ruang gajah pendopo jenar Setda Temanggung. Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat FKPD, ketua MUI, Ketua FKUB, tokoh-tokoh agama dan pejabat terkait.
     Menurut Bupati   sesuai karakteristik masyarakat Temanggung  yang memiliki motto Bersenyum  secara umum  cukup tenang  utamanya dalam menjalanan kehidupan beragama. Demkian halnya  dari segi perekonomian yang berbasis pertanian juga berjalan  harmonis , adem ayem tentrem tanpa gejolak. Terkait dengan  kerusuhan  pasca sidang penistaan agama  tanggal 8 Februai 2011 yang lalu yang menyebabakan sejumlah gereja rusak ditegaskan bukan konflik agama, namun pidana murni.
     “Kondisi di Temanggung  pada peristiwa kerusuhan itu sebenarnya tidak separah yang diberitakan di berbagai media, terbukti dalam sehari saja situasi sudah membaik, urat nadi ekonomi juga sudah berjalan normal. Dan yang jelas  peristiwa tersebut dipicu ulah orang luar daerah“ tegasnya.
     Ketua Majelis Ulama Indonesia cabang Temanggungf KH Yakub Mubarok mengatakan , secara umum kehidupan beragama  berlangsung aman, damai  saling toleransi antar umat agama. Silaturahmi dan komunikasi antar tokoh-tokoh agama berjalan harmons melalui wadah Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ). Dengan demikian bilaada persoalan  bisa diselesaikan  secara dama  tidak menimbulkan konflik.
     Helary Dower menjelaskan , kunjungan ke Temanggung bertujuan untuk menyerap informasi tentang isu-isu keagamaan. Dikemukakan Pemerintah Amerika serikat memberi kebebasan kepada warganya  yang memeluk agama Islam dalam menjalankan ibadah . Diutarakan    perkembangan dan peningkatan pengaruh agama Islam berjalan kondusif setiap tahun lebih dari 200 ribu orang di AS memeluk agama Islam.
     “Jumlah masjid di Amerika Serikat bertambah sebanyak 74 persen sejak tahun 2000. Pada 2000, tercatat 1.209 masjid di seluruh negeri Paman Sam. Jumlah masjid meningkat menjadi 2.106 masjid pada 2010.Sebanyak 56 persen dari masjid tersebut mengkaji pendekatan harfiah untuk menafsirkan isi Alquran” Ujarnya  seraya menambahkan keterlibatan masjid di berbagai bidang, Muslim membantu, bukan orang yang harus ditakuti
     Menurutnya hasil riset menunjukkan peningkatan masyarakat Muslim dan partisipasi mereka dalam aktivitas sosial di Amerika Serikat. Sebagian besar masjid itu dibangun di New York dengan total 257 masjid, California dengan 246 masjid, Texas dengan 166 masjid dan Florida dengan 118 masjid. Bagby menjelaskan, “Peningkatan jumlah masjid itu juga mengindikasikan peningkatan sumber finansial masyarakat Muslim dan juga peningkatan jumlah warga Muslim di Amerika Serikat”katanya.
     Seusai pertemuan, utusan kedubes Amerika Serikat itu melanjutkan kunjungan lapangan ke SMA negeri 2  Temanggung dan STAINU. Kunjungan diisi dialog dengan kalangan  guru, siswa dan dosen.(Hms12/Edy Laks)  

Berita Terkait