Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB SERAHKAN BANTUAN SOSIAL

Rabu, 07 November 2012 Sosial
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Bagian Kesra Setda Temanggung kembali menyalurkan bantuan sosial tempat ibadah, sarana prasarana pendidikan dan sarana prasarana lembaga keagamaan lainnya. Acara yang diawali dengan penandatanganan sebagai persyaratan pencairan dana dilakukan di Graha Bhumi Phala (5/11).
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dalam sambutannya mengatakan,  kemampuan pemerintah dalam memberikan bantuan  sosial kepada warga masyarakat jumlahnya sedikit  tidak sepadan yang diminta. Hal itu disebabkan anggaran yang  dimiliki terbatas. Oleh karena itu bantuan sosial yang sudah diterima  diharapkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  sesuai proposal yang diajukan.
     Ditambahkan, dana sosial ini merupakan  bantuan stimulant sehingga untuk membangun sebuah rumah ibadah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semoga bantuan ini dapat menggugah masyarakat untuk berswadaya sehingga pembangunan sarana ibadah yang direncanakan oleh panitia dapat terwujud.
     Harapnya, bahwa sarana prasarana yang dibangun, disamping fisiknya, juga dihimbau jadikanlah sarana tersebut untuk tempat pembinaan rohani umat, sehingga dapat menjalankan, mengamalkan ajaran agama secara baik dan benar. Makmurkan tempat-tempat ibadah dengan pengkajian dan pengamalan agama.
     Kabag Kesra, Drs. Syafrudin   melaporkan bahwa dalam penetapan APBD tahun 2012 untuk belanja bantuan sosial ini sebesar Rp. 1.558.500.000,- dan sedangkan pada anggaran perumbahan ditambah sebesar RP. 3.475.500.000,-. Jika dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya sebesar Rp. 1.762.500.000,- pada tahun 2012 terdapat kenaikan sebesar Rp. 3.271.500.000,-.
     Sesuai dengan Permendagri nomor 32 tahun 2011 tentang pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD serta Perbup nomor 22 tahun 2012 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial maka sebelum dilakukan pencairan dilakukan penandatanganan persyaratan pencairan terlebih dahulu. Selanjutnya bantuan tidak diberikan secara tunai akan tetapi diberikan dengan cara transfer ke rekening penerima bantuan.
     Selaku penerima bantuan sosial sesusi dengan Permendagri dan Perbup  berkewajiban untuk bertanggung jawa secara formal dan material atas penggunaan bantuan sosial tersebut. Serta mempertanggungjawabkan kepada Bupati Temanggung melalui Kabag Kesra dengan disertai bukti-bukti yang lengkap dan sah.(Hms12/pakDhemiDjan)

Berita Terkait