Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI MINTA SATPAM BEKERJA PROFESIONAL

Senin, 07 Januari 2013 Umum
TEMANGGUNG, Bupati  Drs. Hasyim Afandi meminta kepada para SATPAM  pasar Temanggung  bekerja  profesional dalam mewujudkan  keamanan pasar.  Oleh karena itu  para satpam hendaknya terus meningkatkan ketrampilannya supaya  cakap dalam bertugas .
     Permintaan itu disampaikan bupati  Hasyim saat  memberikan  pengarahan pembinaan kepada 56 petugas satpam pasar di aula pendopo Jenar setda Kab Temanggung  (7/1). Hadir dalam acara tersebut kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan , UMKM dan Koperasi  dan pejabat terkait.
     Menurut Bupati, sesuai dengan namanya Satpam  yaitu Satuan Pengamanan, maka tugas pokok Satpam  yaitu berkewajiban mewujudkan keamanan di lingkungan pasar. Dengan demikian orang-orang yang berkepentingan  dengan pasar merasa nyaman dan aman. Bupati mencontohkan, bila ada copet maka satpam harus bertindak cepat untuk mengatasinya, minimal dengan meniup peluit  sambil berteriak awas copet, pasti si copet akan lari. Demikian halnya  untuk kenyamanan berdagang, satpam diminta untuk menertibkan pedagang yang berjualan di pintu masuk pasar agar masuk pasar. Dengan  demikian  pintu masuk  bebas dari para pedagang  sehingga nyaman  untuk lalu lalang pedagang maupun pengunjung pasar.
     Terkait  untuk mengantisipasi kebakaran pasar, para Satpam harus rajin melakukan kontrol, utamaya menjelang pasar tutup. Dengan demikian bila dijumpai  ada potensi yang memicu terjadinya kebakaran bisa dicegah sedini mungkin.
     Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Prasodjo mengatakan, jumlah Satpam pasar Temanggung sebanyak 56 orang terdiri 53 laki-laki dan 3 perempuan. Mereka ditempatkan di  pasar Temanggung  19 orang,  pasar Parakan  14 orang, pasar Kranggan  dan Pingit 9 orang, pasar Ngadirejo 9 orang  dan pasar Candiroto 5 orang. Sebelum bertugas, mereka terlebih dahulu mengikuti pendidikan dan pelatihan satpam  di Polres Temanggung selama 21 hari.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait