Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SUARA SAH

Rabu, 25 Pebruari 2009 Politik
KPU SOSIALISASI PEMILU 2009
Tercoblos, surat suara tetap sah

TEMANGGUNG- Meski dalam Pemilu 2009 nanti telah ditentukan, bahwa warga dalam menggunakan hak pilihnya dengan cara mencentang, namun apabila ada surat suara yang tercoblos pada bagian yang semestinya dicentang tersebut, maka surat suara itu tetap dianggap sah. Sedangkan, aturan lain (yang hingga hari ini belum ada perubahan) ialah, centangan atau coblosan tak sengaja itu hanya sekali.
Hal tersebut dikatakan anggota KPU Kabupaten Temanggung, Yami Blumut, dalam acara sosialisasi dan dialog calon legislatif daerah pemilihan (Dapil) Temanggung I, yang diselenggarakan Ikatan Pelajar NU (IPNU) Kecamatan Tembarak, di Balai Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak, baru-baru ini.
''Dalam penghitungan suara, apabila petugas penghitungan suara di TPS menemukan pemberian suara tidak berupa centang namun berbentuk tanda coblos, maka hal tersebut dianggap sah,''kata Yami, dalam acara yang bertema ''Membangun Demokrasi Melalui Legislatif yang Aspiratif'' tersebut.
Di samping itu, ungkap dia, suara juga dianggap sah apabila karena keadaan tertentu centangan pemilih menjadi tidak sempurna. Keadaan tertentu tersebut misalnya tinta atau ballpoint yang digunakan ketika mencentang di bilik suara tidak berfungsi dengan semestinya.
Namun demikian, menurut dia, secara teknis kecil sekali kemungkinan terjadinya surat suara yang tercoblos secara tidak sengaja. Sebab, rencananya, material kertas yang akan digunakan untuk surat suara adalah kertas tebal, yakni dengan ukuran berat sekitar 80 gram/lembar. Di samping itu, ballpoint yang digunakan untuk mencentang ujungnya juga tumpul atau tidak lancip, sehingga tak akan mudah menembus kertas surat suara ketika mencentang.
Dikatakannya, secara umum surat suara pemiliham legislatif dinyatakan sah apabila ditandatangani Ketua KPPS TPS bersangkutan, kemudian terdapat tanda satu kali pada kolom nama partai, atau kolom nomor calon atau kolom nama caleg. Sedangkan untuk pemilihan dewan perwakilan daerah (DPD), selain harus ditandatangani KPPS, surat suara dinyatakan sah jika pemberian tanda satu kali pada foto calon DPD.
Sedangkan dari 38 parpol yang secara nasional telah resmi menjadi peserta Pemilu, di Kabupaten Temanggung hanya sebanyak 29 parpol yang ada calegnya. Jumlah keseluruhan caleg DPRD Temanggung untuk Pemilu nanti ada 424. Dari jumlah itu, yang akan menjadi anggota DPRD Temanggung 45 orang.
''Adapun untuk calon DPD, seluruhnya 28 orang,''jelasnya, seraya mengatakan, hanya 4 orang yang akan mewakili Jateng menjadi DPD RI. (Edl-Humas).

Berita Terkait