Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GOW PELOPORI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Jumat, 15 Pebruari 2013 Umum
TEMANGGUNG,  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Temanggung memelopori inovasi dan meningkatkan  ilmu pengetahuan  dan teknologi dalam pemberdayaan  perempuan. Oleh karena itu  dalam kiprahnya GOW  berusaha mewujudkan  kepribadian    wanita  Indonesia yang mampu melaksanakan fungsi, profesi dan meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
     Hal itu ditegaskan ketua II GOW  Windrati Andisan  didampingi Sekretaris  Dandiana Bambang Rio  di sekretariat GOW Temanggung  Kamis (14/2). Dikatakan GOW mengemban visi  terwujudnya profesionalisme wanita  yang  mandiri, memiliki kekuatan moral dan sosial guna mendukung kesetaraan gender melalui program iptek, imtaq yang berorientasi global  untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Visi tersebut dijabarkan dalam  5 misi yakni  melaksanakan program kerja dan pengambilan  kebijakan organisasi yang berorientasi pada wawasan gender, menegakkan supremasi hukum dan menciptakan kehidupan  demokrasi. Selain itu  mewujudkan terjaminnya hak asasi manusia  dan meningkatkan  lingkungan hidup yang berkualitas.
     GOW Temanggung  telah berbadan hukum  disahkan  notaris  dengan akta pendirian perkumpulan  Nomor 11 tanggal 21 Februari 2011, beranggotakan  53 berbagai organisasi wanita, menempatkan diri  sebagai wadah perjuangan dan penggerak  potensi wanita  demi suksesnya  pembangunan ujarnya.
     Menurutnya GOW tidak berafiliasi politik melainkan merupakan  lembaga musyawarah yang menjunjung tinggi dan menghormati kedaulatan  masing-masing organisasi anggota  serta berperan  aktif dalam membina  kerjasama  antar organisasi. Fungsi yang diemban diantaranya   melakukan pengawasan  sosial dalam rangka penegakan  HAM terhadap masalah kemasyarakatan  khususnya  yang merugikan  wanita, remaja dan anak-nak serta lansia.

Kegiatan berorientasi Pemberdayaan


     Selama tahun 2012 GOW melaksanakan  berbagai kegiatan yang berorientasi pada upaya pemberdayaan  perempuan. Kegiatan tersebut diimplementasikan  pada program kerja masing-masing bidang  yang anggarannya  ditopang  dari bantuan APBD II th 2012  sebesar Rp. 20 juta.
     Bidang  organisasi dan kehumasan  mengadakan  konsolidasi dan koordinasi  dengan organisasi anggota GOW sekaligus  membuat laporan kegiatan sebagai  bahan evaluasi dan monitoring. Selain itu juga melakukan pendataan  anggota  sesuai AD ART  yang saat ini jumlah anggota 53 organisasi  terdiri dari 29  dari unsur  dharma wanita pesatuan dan 24 dari unsur lainnya. Kegiatan lain  yaitu sosialisasi  atribut GOW meliputi lencana, kartu tanda anggota, pakaian seragam  dan sosilasisasi mars GOW  dengan menggelar lomba.  Disisi lain juga  melakukan  penyempurnaan AD ART sebagai patokan  dalam pelaksanaan  kegiatan organisasi.
     Bidang  Pendidikan  mengadakan  wisata outbound  ke sri gethuk dan goa pindul  Wonosari, bertujuan  untuk  meningkatkan  jalinan kerjasama dan keakraban. Pembinaan dan monitoring  pos PAUD  Alamanda Madureso Temanggung dan Alamanda  Kacepit Selopampang. Selain itu mengadakan pelatihan ketrampilan menjahit yang diikuti 5 peserta selama 3 bulan. Saat ini   ke 5 peserta tersebut sudah lulus dan praktik  menjahit untuk menambah penghasilan keluarga.
     Bidang  Sosial  dan kesejahteraan  mengadakan  anjangsana  ke sejumlah  penderita cacat dengan memberikan bantuan uang. Selain itu  setiap  momen HUT  GOW yang bersamaan dengan  peringatan Hari Kartini menggelar  donor darah  yang hasilnya disumbangkan ke PMI Cabang Temanggung. 
     Bidang  Ekonomi  dan pengembangan  usaha,  menjual aneka makanan  dan pakaian seragam organisasi pada setiap event pertemuan. Disamping itu juga ikut serta  membuka stand  pada kegaiatan pasar murah utamanya menjelang peryaan hari raya Idul Fitri. Kegiatan lain yang tak kalah menariknya yakni  program bantuan   usaha ekonomi produktif secara bergulir untuk anggota  sebesar Rp. 500 ribu untuk jangka waktu 10 bulan.
     Bidang  pemberdayaan  perempuan, hukum dan HAM yaitu   pelatihan ketrampilan menjahit dan membuat kue, pelatihan membuat perencanaan  dan penyuluhan politik. Untuk pembuatan kue dikonsentrasikan ke desa binaan Donorojo  Tretep bekerjasama  dengan SMK Negeri 1 Temanggung. Kue yang dibuat  memanfaatkan bahan dasar jambu dan ketela  sesuai potensi yang dimiliki desa. Selain itu juga untuk program hukum dan HAM mengadakan sosialisasi  keagrariaan  dan penyuluhan kepribadian. Kegiatan tersebut bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang  keagrarian dan kepribadian  sekaligus motivasi dan percaya diri  perempuan.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait