Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BENDA PURBAKALA DITEMUKAN DI KEBONSARI

Rabu, 06 Maret 2013 Umum
TEMANGGUNG, Sejumlah benda purbakala ditemukan Warga Dusun Bantengan, Desa Kebonsari, Kecamatan Wonoboyo  di lahan jagung di tanah bengkok desa.
     Wagiyah (42)  warga dusun Kebonsari  Selasa (5/3)  mengatakan benda berwujud batuan candi sebanyak empat buah itu ditemukan penggarap ladang Sujadi (43) empat hari lalu.
     Jenis batuan yang ditemukan antara lain batu berwujud segi lima pipih dengan bagian atas berbentuk cekung, dua batuan berwujud limas segi empat dan batuan kotak. Dari fisik batu, diperkirakan adalah jenis batuan andesit yang biasa digunakan sebagai bahan dasar membuat candi. Penemuan tersebut bermula ketika Sujadi tengah mencangkul lahan yang akan ditanami jagung, tiba-tiba mata cangkul membentur batu. Sujadi kemudian menelusuri batu tersebut karena penasaran bentuknya yang pipih.
     Kabar temuan benda purbakala kemudian dengan cepat  menyebar keberbagai pelosok desa. Warga yang mendengar kabar tersebut kemudian   berduyun-duyun untuk menyaksikannya. Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Didik Nuyanto ketika dikonfirmasi membenarkan adanya temuan tersebut, pihaknya akan melakukan penelitian.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait