Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

EKSPOR KE AMERIKA, RUSIA, CINA, TIMUR TENGAH, EROPA, DAN ASIA TENGGARA

Rabu, 13 Maret 2013 Umum
TEMANGGUNG, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 2013 menargetkan ekspor komoditas hortikultura minimal satu kontainer per hari, kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jateng Aris Budiono. "Hal tersebut disesuaikan dengan tingginya permintaan komoditas hortikultura di wilayah Jawa Tengah," katanya pada temu wicara dengan kelompok tani pada Festival Hortikultura Jateng 2013 di Sub Terminal Agribisnis Soropadan, Kecamatan Pringsurat  Kabupaten Temanggung, Senin(11/03).
      Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim,  Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Drs. Rukma Setyabudi, MM, Asisten II Sekda Prov. Jawa Tengah, dr. Ir. Sri Puryono, Msi, Wakil Bupati Temanggung, Ir. Budiarto, MT, dan diikuti kelompok tani se-Jawa Tengah.
      Ia menyebutkan produk ekspor hortikultura Jateng, antara lain buncis, terong, melon, kentang, nanas, salak, semangka, durian, manggis, tanaman hias, dan aneka sayuran.
      "Setiap tahun permintaan ekspor selalu meningkat, tahun 2011 mencapai 444 ton, pada 2012 sebanyak 927 ton. Negara tujuan bukan hanya Singapura saja, tetapi juga negara lain, seperti Cina, Malaysia, dan Arab Saudi," katanya.
      Dalam kesempatan itu Dirjen Hasanuddin Ibrahim mengimbau para importir berupaya tidak mengimpor hasil hortikultura, karena hasil pertanian di dalam negeri sudah cukup baik.
      "Memang peraturan untuk impor sekarang dipermudah, tetapi kami juga meminta pada importir untuk memberdayakan petani lokal, karena ketika petani dibina dengan baik pasti akan menghasilkan produk yang baik," katanya.
      Ia mengatakan pasar ekspor hortikultura saat ini telah terbuka, antara lain ke Amerika Serikat, Rusia, Cina, Timur Tengah, Eropa, dan Asia Tenggara.(Hms13/PaulMidjan)

Berita Terkait