Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MAKMUM TIDAK BOLEH MENDAHULUI IMAM

Senin, 25 Maret 2013 Keagamaan
TEMANGGUNG, Orang Islam ketika melaksanakan sholat  lima waktu berjamaah  tidak boleh mendahului  imam. Segala gerakan  sholat  harus menunggu  lebih  dahulu gerakan imam agar sholatnya beradab dan syah.  
     Hal itu dikemukakan KH Agus Efendi  dari  Kantor  kementrian Agama  Kabupaten Temanggung   dalam pengajian  rutin hari Sabtu (23/3) di Graha Bhumi Phala komplek setda Kabupaten Temanggung yang diikuti segenap karyawan/karyawati. Diutarakan, dalam menjalankan ibadah sholat hendaknya seorang muslim mengawalinya dengan berwudhu  secara benar sesuai ketentuan agama. Kemudian saat menjalankan sholat  secara berjamaah diniati semata-mata  beribadah  kepada allah SWT  dengan mengucap takbir sambil mengangkat kedua tangan  sejajar dengan kuping  yang dilakukan setelah gerakan imam.   Demikian halnya gerakan-gerakan sholat berikutnya mesti  menunggu setelah gerakan imam, jangan sekali-kali mendahuluinya.
     “Selain tidak mendahului imam,  pelaksanaan ibadah sholat mesti kerjakan  secara khusuk  tidak usah tegesa-gesa  bagaikan burung plathuk. Dengan demikian  diharapka sholatnya  membekas sampai hati sanubari  dan diterima  allah SWT“ tandasnya.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait