Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DISERANG TIKUS, 56 HEKTAR TANAMAN PADI GAGAL PANEN

Senin, 25 Maret 2013 Umum
TEMANGGUNG,  Dalam sebulan terakhir ini serangan tikus memangsa 56 hektare tanaman padi di  10 Kecamatan  di Kabupaten Temanggung. Akibatnya tanaman padi  rusak  sehingga gagal dipanen dan petani rugi  ratusan juta.
     Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Harnani dikantornya menjelaskan areal tanaman padi yang diserang hama tikus tersebar di 10 kecamatan, yakni Pringsurat, Kandangan, Gemawang, Candiroto, Selopampang, Kaloran, Jumo, Kranggan, Bejen, dan Kedu. dari luasan tersebut semula  yang diserang tikus  dihamparan tanaman padi seluas 39,7 hektare. Umur tanaman yang diserang antara lima hingga 120 hari. Serangan berikutnya  di luasan 16,6 hektare.
     “Agar serangan tidak meluas,  petani  melakukan upaya pengendalian .Serangan tikus pada tanaman usia yang masih relatif muda maka mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu. Jadi sebagian bisa tumbuh. Namun sebagian lainnya menghasilkan tetapi tidak sesuai harapan," katanya.
     Ditempat terpisah Wakil Bupati Budiarto mengatakan merasa prihatin atas musibah serangan tikus yang mengakibatkan ratusan hektar tanaman padi rusak. Oleh karena itu kepada para petani diminta tabah menghadapi cobaan dan bisa mengambil hikmah positif. Disamping itu berharap melalui upaya pengendalian, serangan tikus segera berakhir sehingga tidak semakin meluas. Dengan demikian kerusakan hamparan tanaman padi tidak bertambah parah, sehingga masih ada sisa tanaman  yang dapat diselamatkan untuk dipanen.(Hms13/ Edy Laks)

Berita Terkait