Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERS MILIKI PERAN STRATEGIS DALAM PEMILUKADA

Sabtu, 30 Maret 2013 Umum
TEMANGGUNG,  Pers memiliki  peran sangat strtategis dalam setiap penyelenggaraan  pemilihan kepala daerah karena memahami dan mengikuti langsung seluruh tahapan yang dijalankan Komisi Pemilihan Umum. Dengan  pemahaman  dan keikutsertaan ini informasi akan disampaikan ke masyarakat melalui pemberitaan sehingga masyarakat  mengetahui seluruh proses yang berjalan.
     Hal itu dikemukakan Zaini Arrosyid wartawan surat kabar harian Kedaulan rakyat yogyakarta dalam cara dialog mengusung tema  Menciptakan  Pilgub Jateng dan Pilbup Temanggung 2013 yang bermartabat  sebagai wujud demokrasi loka di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung  ini Kamis kemarin  (28/3).  Dialog diikuti  Ormas, OKP dan wartawan juga menghadirkan ketua GOW Woro Andiyani dan sekretaris DPD KNPI Muhammad Masthur.
     Menurut Zaini  dalam Pilkada , sesuai perannya pers mengarahkan pemilih karena mengetahu track recod atau jejak rekam peserta pilkada atau calon yang berupaya  mencari simpati masyarakat. Melalui perannya  dibidang pembeitaan, jejak rekam peserta pilkada yang cukup beragam tersebut disampaikan kepada masyarakat agar dapat menentukan  pilihan dengan tepat.
     “Karena itu, seluruh peserta Pilkada memiliki kepentingan terhadap pers untuk meningkatkan citranya sehingga mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam proses demokrasi yang dijalankan” ujarnya.
     Ketua GOW Woro Andiyani mengatakan,  dalam pembangunan  partisipasi politik perempuan  realia dilapangan menunjukkan  rendahnya keterwakilan  perempuan di berbagai lembaga politik formal khususnya di legislative. Ada beberapa faktor yang merupakan penyebab perempuan terkucil dari lembaga politik. Mulai dari kendala  budaya dan tafsir agama, ekonomi, dukungan keluarga hingga system politik itu sendiri yang memang tidak ramah terhadap perempuan.
     “Untuk  keberhasilam Pemilukada Jawa tengah dan Pemilukada  Temanggung tahun 2013 untuk meminimalisir rendahnya  partisipasi dan keikutsetaan masyarakat dalam pemiliukada dengan cara persuasif yang dilakukan melalui organisasi perempuan“ katanya.
     Sedang  sekretaris DPD KNPI Muhammad Masthur mengatakan,  peran pemuda dalam mewujudkan demokrasi lokal sangat diharapkan karena pemuda sebagai agen perubahan harus dapat mengawal proses transisi demokrasi kearah yang lebih substantif yakni terlaksananya pilkada secara free dan fair. Untuk mengawal proses tersebut, pemuda  dapat berkiprah baik  sebagai penyelenggara peserta  ataupun pengawas proses penyelenggaraaan pilkada.     “Pemuda harus  tampil sebagai  penjaga demokrasi, menghormati hak dan kewajiab orang lain, menghargai  perbedaan pilihan dan tidak terjebak pada pragmatisme politik” tandas dia.
     Ketua KPU Drs. Sudjatmiko menjelaskan, Pemilukada 2013  dengan agenda pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Temanggung dijadwakan akan dilaksanakan tanggal 26 Mei 2013 bebarengan degan pemilhan Gubernur Jawa Tengah. Dialog dilaksanakan guna menyongsong  Pemilukada Gubernur Jateng dan Bupati  Temanggung 2013 dengan harapan    berjalan  tertib, aman, damai dan tingkat partisipasi pemilih tinggi.
     “Melalui dialog diharapkan  akan mewujudkan  pemilih cerdas, sehingga hak pilih yang dimiliki  digunakan   dengan sebaik-baiknya  untuk memilih calon  yang tepat dan berkualtas. Disisi lain tingkat partisipasi pemilih juga semakin meningkat“ tandasnya seraya menambahkan salah menjatuhkan pilihan maka  akan menyesal selama satu periode masa jabatan  5 tahun.(Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait