Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PRAMUKA MERUPAKAN ASSET NASIONAL

Senin, 01 April 2013 Pendidikan
TEMANGGUNG, Pesta siaga Tingkat Bakorwil Kedu Tahun 2013 dilaksanakan di Kwartir Cabang 11.23 Temanggung  selama 1 hari ini Sabtu (30/3), yang dipusatkan di alun-alun dan komplek pendopo pengayoman Kabupaten Temanggung. Pesta siaga dibuka oleh Ibu Bupati Temanggung bunda Lies Hasyim Afandi . upacara pembukaan ditandai denga pelepasan balon udara yang dihadiri FKPD dan pejabat  terkait.
     Dalam sambutanya Ny. Lies Hasyim Afandi mengatakan bahwa pesta siaga dilaksanakan untuk memberikan pengalaman dan ketrampilan di bidang kepramukaan yang telah diterima di gugus depan masing-masing. Pesta siaga juga sebagai sarana untuk menjalin persaudaraan, menambah teman, memperluas wawasan dan pengalaman baru. Selain itu, juga sebagai media untuk mengasah pengetahuan  dan ketrampilan kepramukaan, memupuk kekompakan, membentuk watak dan mental  yang kuat serta melatih sikap bakti pada masyarakat.
     Pramuka merupakan asset nasional dan investasi masa depan yang perlu ditangani serius seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan teknologi. Jika hal ini tidak dilakukan, maka Pramuka tidak akan sanggup menghadapi tantangan masa depan.
     Gerakan Kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan formal di sekolah maupun dilingkungan yang demikian pesat saat ini oleh karena itu gerakan pramuka harus bias berusaha ikut aktif membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional.
     Untuk itu Bunda berharap kepada para Pembina untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kegiatan kepramukaan dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak-anak sehinga bias menjadi anak-anak bagsa yang cerdas, kretif, mandiri, dan berbudaya. Kepada dewan juri juga diminta untuk bekerja profesional, bekomitmen, dan penuh tanggung jawab.
     Ketua panitia Bambang Widartono menjelaskan, peserta siaga diikuti  Kawrcab se eks-karesidenan Kedu. Masing-masing kwarcab mengirimkan 2 barung putra dan 2 barung putri, setiap barung beranggotakan 8 orang. kegiatan  yang dilaksanakan meliputi  berbagai bentuk permainan edukatif.
     Materi kegiatan yang di ujikan antara lain kemampuan memiliki Imam dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olah raga, kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menambah Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia, serta kemampuan mengikuti dan mentaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban bakti kepada keluarga, masyarakat dan negara.(Hms13/Paul)

Berita Terkait