Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TANAH LONGSOR PLOSOGADEN DITELITI BADAN GEOLOGI

Rabu, 10 April 2013 Bencana
Temanggung, Kasus bencana alam berupa tanah bergerak dan longsor di Desa Plosogaden  yang terjadi bebarap waktu lalu akan diteliti Tim Badan Geologi Bandung. Penelitian menurut rencana bakal dilaksanakan pertengahan April 2013, guna mengetahui secara pasti kondisi tanah.
     Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Eko Suprapto di kantornya  kemarin  mengatakan,  sudah menerima pemberitahuan, bahwa pertengahan bulan ini tim Badan Geologi akan meneliti tanah longsor seluas lima hektare di Plosogaden Kecamatan Candiroto.
     “Pasca kejadian tanah longsor di Plosogaden pada Desember 2012, BPBD mengirim surat ke Badan Geologi Bandung untuk meneliti bencana tersebut guna mengetahui kondisi tanah yang sebenarnya. Hasil penelitian akan dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan lanjutan menyangkut keselamatan warga.
     Dia menambahkan akibat bencana tersebut, lahan sengon, kopi, jagung, dan persawahan yang semula pada kemiringan 40 derajat, saat ini menjadi cekungan dengan tebing sepanjang 500 meter dan tinggi 50 meter.
     Di bagian tebing vertikal tersebut terus longsor, yang sebelumnya terjadi retakan pada lahan di atasnya. Akibatya air yang keluar dari dasar tebing, menyebabkan cekungan itu menjadi seperti kubangan besar, sedangkan tanah lembek dan berlumpur. (Hms13/Edy Laks)

Berita Terkait