Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UJIAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE 20 PAKET

Rabu, 10 April 2013 Pendidikan
Temanggung, Kalangan siswa kelas 12 tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Temanggung mengaku siap mengikuti ujian nasional yang menggunakan metode 20  paket. Walaupun demikian siswa mengaku harus lebih berhati hati karena sistem tersebut menuntut siswa lebih teliti dalam mengisi lembar jawaban.
     Dengan menggunakan metode 20  paket ada perbedaan pada pelaksanaan ujian nasional tahun ini dibanding tahun lalu. Apabila pada tahun lalu pelaksanaan ujian nasional mengagunkan metode 5 paket pada  tahun ini menggunakan sistem 20 paket soal. Dalam sistem   20 paket soal tersebut setiap siswa dalam satu ruangan akan menerima soal yang berbeda dengan bobot pertanyaan yang sama.
     Sejumlah siswa SMK yang ditemui mengaku sudah siap dengan sistem 20 paket  tersebut karena siswa jauh-jauh hari telah dikenalkan dengan metode tersebut. Walaupun demikian siswa mengaku khawatir karena dengan metode baru tersebut karena harus meminimalisir kesalahan dalam mengisi lembar jawaban maupun lembar soal, karena apabila ada kesalahan siswa harus mengganti dengan soal yang berbeda.
     Dari Dinas Pendidikan kabupaten Temanggung diperoleh keterangan pelaksanaan ujian nasional untuk SMA, MA dan SMK serta  paket C akan serempak dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 18 April  mendatang. Untuk Kabupaten Temanggung tercatat ada 5201 siswa SMA, MA dan SMK yang akan menempuh UN sedangkan untuk siswa paket C ada 679 siswa. (Hms13/ Edy Laks)


Berita Terkait